Persiapan ASEAN Summit di Labuan Bajo On The Right Track, Begini Laporan Menlu

Berto Davids, telisik indonesia
Rabu, 26 April 2023
0 dilihat
Persiapan ASEAN Summit di Labuan Bajo On The Right Track, Begini Laporan Menlu
Menteri Luar Negeri memastikan persiapan ASEAN Summit di Labuan Bajo, NTT, On The Right Track. Foto: Ist.

" Semua persiapan ASEAN Summit di Labuan Bajo, baik substansi maupun nonsubstansi, sudah on the right track "

 MANGGARAI BARAT, TELISIK.ID - Sejumlah persiapan menjelang penyelenggaraan ASEAN Summit di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Mei mendatang, sudah On The Right Track.

"Semua persiapan baik substansi maupun nonsubstansi sudah on the right track," ujar Menlu Retno Marsudi kepada wartawan, Rabu (26/4/2023).

Terkait substansi, Menlu Retno melaporkan bahwa akan ada delapan pertemuan dalam dua hari penyelenggaraan ASEAN Summit pada 10-11 Mei 2023. Dari delapan pertemuan tersebut, lima pertemuan akan digelar di hari pertama, sedangkan tiga pertemuan lainnya digelar di hari kedua.

"Di hari pertama semua pertemuan akan dipimpin oleh Bapak Presiden, sementara di hari kedua, tiga pertemuan, dua di antaranya dipimpin oleh Bapak Presiden, sementara satu pertemuan lainnya secara rotasi saat ini memang akan dipimpin oleh Perdana Menteri Malaysia," ungkap Retno.

Baca Juga: Labuan Bajo Disiapkan Jadi Tuan Rumah KTT G20 dan ASEAN Summit 2023

Selain itu, presiden dan Ibu Iriana juga meninjau sejumlah lokasi yang rencananya akan digunakan untuk beberapa kegiatan KTT ke-42 ASEAN. Mulai dari ruang plenary, retreat, hingga spouse program.

Sedangkan terkait Bandara Komodo, Menlu Retno melaporkan bahwa saat ini sudah terdapat dua jalur, yaitu jalur internasional dan jalur domestik. Bahkan, sejumlah fasilitas dan sarana serta prasarana pendukung bandara juga terus dipersiapkan dengan matang guna menyambut kedatangan para delegasi KTT ke-42 ASEAN.

"Jadi persiapan bandara akan terus dilakukan termasuk tanda-tanda untuk penyelenggaraan KTT ASEAN. Jadi sekali lagi pengecekan dilakukan secara detail," ucap Retno.

Baca Juga: Angkatan Muda Kristen Indonesia Ajak Masyarakat Dukung ASEAN Summit di Labuan Bajo

Sementara itu Presiden Jokowi menekankan pentingnya kenyamanan bagi para pemimpin negara ASEAN. Ia juga ingin agar penyelenggaraan KTT ke-42 ASEAN dimanfaatkan sebagai ajang promosi bagi pariwisata Indonesia, khususnya Labuan Bajo.

"Tentunya ini merupakan kesempatan yang sangat baik bagi promosi Labuan Bajo untuk ASEAN dan tentunya untuk dunia," ujar Presiden.

Presiden pun optimistis kekuatan ASEAN yang dipegang oleh Indonesia dapat berjalan dengan lancar. Ia juga tidak lupa minta doa dan dukungan dari seluruh masyarakat Indonesia. (B)

Penulis: Berto Davids

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga