Pesantren Cilik Libatkan 178 TK di Kendari

Andi Irna Fitriani, telisik indonesia
Kamis, 07 April 2022
0 dilihat
Pesantren Cilik Libatkan 178 TK di Kendari
Suasana pembukaan pesantren cilik di masjid Al Alam, yang diikuti 178 TK se-Kota Kendari. Foto: Andi Irna Fitriani/Telisik

" Sebanyak 178 Taman Kanak-Kanak (TK) se-Kota Kendari, yang mana 10 di antaranya adalah TK Negeri dan 168 lainnya TK Swasta, akan mengikuti pesantren cilik di bulan suci Ramadan 1443 hijriah "

KENDARI, TELISIK.ID - Sebanyak 178 Taman Kanak-Kanak (TK) se-Kota Kendari, yang mana 10 di antaranya adalah TK Negeri dan 168 lainnya TK Swasta, akan mengikuti pesantren cilik di bulan suci Ramadan 1443 hijriah.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengatakan, pesantren ramadan tersebut bertujuan memberikan pemahaman keagamaan sejak dini kepada anak-anak.

Karen menurutnya, nilai-nilai keagamaan harus ditanamkan sejak dini, sehingga diharapkan bisa menjadi bekal bagi mereka ketika tumbuh dewasa.

"Karena usia ini adalah usia yang paling penting bagi kehidupan mereka. Profesi apa pun yang mereka geluti, jika pondasi agamanya bagus, Insya Allah akan baik," katanya, Kamis (7/4/2022).

Dengan bekal ilmu agama, ia mengharapkan anak-anak tersebut nantinya bisa menempatkan diri dan bisa memberikan manfaat lebih banyak bagi sesamanya.

Tempat sama, Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kota Kendari, Sri Lestari Sulkarnain mengatakan, ramadan adalah bulan penuh berkah, rahmat dan ampunan.

Sehingga menurutnya, sangat baik jika dimanfaatkan untuk belajar dan meningkatkan kualitas keimanan serta ketakwaan kepada tuhan yang maha esa.

Momen itu kata dia, adalah waktu untuk belajar, baik bagi guru maupun anak didik di PAUD.

Baca Juga: Puluhan Pengajar Sultra Lulusan Program PPG Resmi Miliki Sertifikat Pendidik

"Tentu saja harus diawali dengan belajar dan mengetahui apa saja yang menjadi kewajiban kita sebagai hamba Allah," ujarnya.

Lanjut ia berharap, anak-anak tersebut nantinya bisa menjadi generasi terbaik.

"Tidak hanya cerdas dari segi Intelligence Quotient (IQ), tapi juga cerdas dari segi Emotional Quotient (EQ) yang berdampak pada terwujudnya perilaku yang baik," ungkapnya

Sementara itu, salah seorang orang tua siswa, Nuraeni Abbas berharap, agar nantinya sang anak bisa mengikuti dan tidak gampang bosan saat mengikuti pesantren cilik.

Baca Juga: Area Pasar Basah Mandonga Kendari jadi Langganan Macet Jelang Berbuka Puasa

"Semoga lancar saja nanti, apa lagi anak-anak itu kan gampang bosan," singkatnya.

Untuk diketahui, pesantren cilik tersebut dibuka langsung oleh Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir di Masjid Al Alam, Kamis (7/4/2022).

Selanjutnya para murid TK ini akan melanjutkan pesantren ramadan di sekolah masing-masing. (A)

Reporter: Andi Irna Fitriani

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga