BLK Kendari Lantik Pejabat Fungsional Arsiparis

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Kamis, 19 November 2020
0 dilihat
BLK Kendari Lantik Pejabat Fungsional Arsiparis
Proses pelantikan Pejabat Fungsional Arsiparis oleh Kepala BLK Kendari, La Ode Haji Polondu. Foto: Ist.

" Berdasarkan amanat undang-undang, hari ini kami melantik salah satu Pegawai Negeri Sipil (PNS) BLK Kendari yang memiliki kompetensi di bidang kearsipan. "

KENDARI, TELISIK.ID - Mendukung peningkatan kinerja Balai Latihan Kerja (BLK) Kendari dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat, Kepala BLK Kendari Dr. La Ode Haji Polondu melantik H Abdul Jalil Bar S.Kom, MM sebagai Pejabat Fungsional Arsiparis.

La Ode Haji Polondu usai pelantikan di aula serba guna BLK Kendari mengungkapkan, pelantikan ini merupakan amanat undang-undang yang tertuang pada Undang Undang Nomor 43 Tahun 2009 Tentang Arsip dan Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 2012 Tentang Pelaksanaan Undang-Undang Tentang Kearsipan.

"Berdasarkan amanat undang-undang, hari ini kami melantik salah satu Pegawai Negeri Sipil (PNS) BLK Kendari yang memiliki kompetensi di bidang kearsipan," kata La Ode Haji Polondu ditemui usai melakukan proses pelantikan, Kamis (19/11/2020).

Ia menjelaskan, fungsi dan tugas arsiparis yaitu melaksanakan kegiatan kearsipan yang meliputi pengelolaan arsip dinamis, arsip statis, pembinaan kearsipan, pengolahan dan penyajian arsip menjadi informasi.

"Pejabat Fungsional Arsiparis juga melakukan pengelolaan arsip dinamis berupa proses penciptaan, penggunaan dan pemeliharaan, serta penyusunan arsip yang dilakukan terhadap arsip aktif, in-aktif dan vital, secara efisien, efektif dan sistematis," jelasnya.

Baca juga: COVID-19 dan Hilangnya Nalar Manusia

Posisi ini, lanjut mantan Kepala Bagian (Kabag) Rumah Tangga Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia, merupakan posisi baru di BLK Kendari yang nantinya diharapkan dapat membantu peningkatan kinerja BLK Kendari dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat.

"Kami berharap dengan adanya pejabat fungsional arsiparis, manajemen kearsipan kita menjadi lebih baik lagi," pungkasnya.

Sementara itu, H Abdul Jalil Bar dikonfirmasi terkait pelantikannya, mengucapkan terima kasih kepada Kepala BLK Kendari Dr La Ode Haji Polondu serta seluruh keluarga besar BLK Kendari atas kepercayaan yang diberikan terhadapnya sebagai pejabat fungsional arsiparis.

”Alhamdulillah dan terima kasih atas semua ini, Insyaallah amanat ini akan saya jalankan dengan baik sesuai arahan pimpinan dan acuan undang-undang," tutupnya. (B)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga