Peserta KB Baru Muna Tertinggi di Sultra

Sunaryo, telisik indonesia
Senin, 22 Maret 2021
0 dilihat
Peserta KB Baru Muna Tertinggi di Sultra
Kadis PPKB Muna, Rahmat Raeba. Foto: Sunaryo/Telisik

" Untuk capaian peserta baru dan akseptor pil, kita tertinggi di Sultra "

MUNA, TELISIK.ID - Tingkat kesadaran masyarakat di Kabupaten Muna mengikuti program Keluarga Berencana (KB) sangat tinggi.

Terbukti, data dari Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) tahun 2020, realisasi pencapaian peserta KB baru melampaui target. Begitu juga dengan pencapaian akseptor pil KB.

Kadis PPKB Muna, Rahmat Raeba menerangkan, untuk peserta KB baru tahun 2020 mencapai 7.079 akseptor atau 119 persen dari target 5.901, yang meliputi tujuh metode kontrasepsi yakni IUD, modus operasi wanita atau MOW, modus operasi pria atau MOP, penggunaan kondom, implant, KB suntik dan penggunaan pil KB.

Sementara, akseptor pil KB dari target 2.461, terealisasi sebanyak 2.843 atau 115,5 persen.  

"Untuk capaian peserta baru dan akseptor pil, kita tertinggi di Sultra," kata Rahmat, Senin (22/3/2021).

Tahun ini, instansinya manargetkan tingkat proyeksi permintaan masyarakat (PPM) peserta baru mencapai 5.009 akseptor. Karena itu, ia akan terus memberi suport para penyuluh keluarga berencana (PKB), penyuluh lapangan keluarga berencana (PLKB), penyuluh pembantu lapangan keluarga berencana (PPLKB), sub PPLKB dan tenaga kesehatan.

Baca Juga: Meski Haram, Jokowi Pastikan Semua Pesantren di Jatim akan Terima Vaksin AstraZeneca

"Sesuai arahan pak Bupati, LM Rusman Emba, para penyuluh kita berikan reward. Karena mereka adalah ujung tombak kita di lapangan," ungkapnya.

Bupati lanjut Rahmat, meminta agar instansinya menyuksekan program nasional itu. Olehnya, untuk meningkatkan dan mengurangi angka kegagalan program KB, pihaknya terus melakukan penyuluhan tentang metode kontrasepsi jangka panjang (MKJP) melalui penggunaan tujuh macam alat kontrasepsi oleh petugas KB di lapangan maupun melalui mobil KB keliling.

"Tahun 2019 lalu, kita tertinggi di Sultra untuk alat kontrasepsi melalui MKJP," pungkasnya. (B)

Reporter: Sunaryo

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga