Petahana Harus Konsolidasi dan Jangan Terprovokasi Lawan Politik

Sunaryo, telisik indonesia
Rabu, 12 Agustus 2020
0 dilihat
Petahana Harus Konsolidasi dan Jangan Terprovokasi Lawan Politik
LM Rusman Emba, Bacakada Muna bersama Ketua DPD PDIP Sultra, Lukman Abunawas. Foto: Ist.

" Pak Rusman jangan mudah terprovokasi. Langkah yang dia harus lakukan adalah kosolidasi di internal partai pengusungnya. "

MUNA, TELISIK.ID - Dukungan Partai Politik (Parpol) terhadap Bakal Calon Kepala Daerah (Bacakada) tidak serta merta akan diikuti oleh para kader. Karena itu, Bacakada yang akan berkompetisi di Pilkada 9 Desember nanti wajib melakukan konsolidasi di internal partai-partai pengusung.

Seperti halnya yang harus dilakukan pasangan LM Rusman Emba-Bachrun Labuta. Hampir dipastikan, mesin PDIP tidak akan solid mendukung sang petahana, bila pasangan Syarifuddin Udu-Hasid Pedansa ikut bertarung. Otomatis, suara kader akan terpecah. Kenapa? Karena Hasid Pedansa selain kader PDIP, juga dibelakangnya ada La Ode Rifai Pedansa yang merupakan dedengkot PDIP.

Muhamad Najib Husain, Pengamat Politik Sultra menerangkan, saat ini tensi politik di Muna mulai meninggi. Dukungan PDIP ke Rusman, tidak serta merta diikuti oleh seluruh kader. Makanya, sebagai petahana, Rusman diminta untuk secepatnya melakukan konsolidasi di internal partai itu. Bila itu tidak dilakukan, bisa jadi bumerang bagi Rusman.

"Kekuatan partai bisa digoyang dengan kharismatik seseorang. Makanya, Rusman harus segera konsolidasi di internal PDIP. Saat ini belum terlambat, masih ada waktu tiga bulan lagi," kata Najib.

Baca juga: Kader Harus Bersatu Demi Kebesaran PDIP

Di sisi lain, selama ini, akademisi UHO itu menilai Rusman mudah terprovokasi dengan lawan-lawan politiknya. Itu tentunya sangat merugikan. Ia menyarankan agar Rusman lebih fokus dalam melakukan konsolidasi ketimbang meladeni trik-trik yang dilakukan para penantangnya.

"Pak Rusman jangan mudah terprovokasi. Langkah yang dia harus lakukan adalah kosolidasi di internal partai pengusungnya," terangnya.

Ia juga tak menafikan, dukungan PDIP ke Rusman tidak terlepas dari elektabilitasnya tinggi dibanding Balon lain. Apalagi, posisi Rusman sebagai kader sekaligus petahana.

Sementara itu, pasca mengantongi empat dukungan partai dengan jumlah 14 kursi, LM Rusman Emba akan melakukan konsolidasi besar-besaran.

"Insyaallah itu (konsolidasi) saya lakukan untuk menyamakan persepsi dan menyusun langkah taktis pemenangan," pungkasnya.

Reporter: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga