Pidato Bahlil Soal Raja Jawa Disentil Megawati: Kenalin Aku Juga Deh

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Kamis, 22 Agustus 2024
0 dilihat
Pidato Bahlil Soal Raja Jawa Disentil Megawati: Kenalin Aku Juga Deh
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, menyentil pidato Bahlil soal Raja Jawa. Foto: Repro antaranews.com

" Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, menanggapi pernyataan Ketua Umum Partai Golkar, Bahlil Lahadalia, yang menyinggung soal Raja Jawa dalam pidatonya di Munas Partai Golkar pada Rabu (21/8/2024) "

JAKARTA, TELISIK.ID - Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, menanggapi pernyataan Ketua Umum Partai Golkar, Bahlil Lahadalia, yang menyinggung soal Raja Jawa dalam pidatonya di Munas Partai Golkar pada Rabu (21/8/2024).

Megawati, dalam nada santai namun tajam, memberikan sentilan kepada Bahlil yang kini menjabat sebagai Menteri ESDM.

Megawati mengaku terkejut dan sempat tertawa mendengar pernyataan Bahlil, terutama karena Bahlil bukan berasal dari Jawa. “Wih, dia ngomong Raja Jawa, kan? Terus, ih maksud saya gini, kayak-kayak dia ngerti artinya Raja Jawa gitu,” ujar Megawati, seperti dilansir dari cnnindonesia.com, Kamis (22/8/2024).

Baca Juga: Enam Demonstrasi Besar-besaran di Era Jokowi

Pagi itu, sambil menikmati sarapan, Megawati membaca berita di beberapa surat kabar. Ia pun merasa heran dan tertawa ketika membaca bahwa ada yang disebut sebagai Raja Jawa dalam pidato Bahlil.

“Makanya, saya kan langsung sambil sarapan ketawa. Ih bilang ada Raja Jawa. Terus aku mikir aku mau kenalan juga deh sama Raja Jawanya,” ungkap Megawati diiringi tawa para kader dan bakal calon kepala daerah PDIP yang hadir di Kantor DPP PDIP, Jakarta.

Sentilan Megawati ini bukan sekadar lelucon, tetapi juga mempertanyakan pemahaman Bahlil tentang istilah tersebut. Ia bahkan bertanya dengan nada bercanda, “Loh iya dong. Sejak kapan ada Raja Jawa? Awas loh ya kalau nanti dipelintir-pelintir. Loh emang bener toh semua orang juga denger. Kapan ada Raja Jawanya. Opo nggak gile?”

Baca Juga: Jokowi Berulang Kali Sebut Putusan Mahkamah Konstitusi Final dan Mengikat

Pidato Bahlil yang menyebut Raja Jawa dalam konteks visi misinya sebagai calon tunggal ketua umum Golkar memang menjadi perhatian. Dalam pidatonya, Bahlil mengingatkan agar partainya tidak main-main dengan Raja Jawa.

“Jadi kita harus lebih paten lagi. Soalnya Raja Jawa ini kalau kita main-main celaka kita,” tegas Bahlil saat penyampaian visi misi sebelum dirinya resmi ditetapkan sebagai ketua umum di Munas Golkar.

Namun, Bahlil tidak menjelaskan siapa sebenarnya yang dimaksud dengan Raja Jawa. Ia hanya memberikan peringatan kepada partainya. “Waduh, ini ngeri-ngeri sedap barang ini. Saya kasih tahu, sudah, waduh ini, dan sudah banyak, sudah lihat kan barang ini kan, ya tidak perlu saya ungkapkan lah,” imbuhnya. (C)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Mustaqim

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga