Pihak Kelurahan Diduga Mainkan Data Bansos, Warga Talia Datangi Dinsos

Kardin, telisik indonesia
Kamis, 14 Mei 2020
0 dilihat
Pihak Kelurahan Diduga Mainkan Data Bansos, Warga Talia Datangi Dinsos
Puluhan warga Kelurahan Talia saat mengecek data diri di Dinsos Kendari. Foto: Kardin/Telisik

" Kita ini tidak dapat apa-apa, mau itu PKH atau BLT. Padahal data kami semua sudah sampe di kelurahan, malahan orang kaya yang dapat itu semua. "

KENDARI, TELISIK.ID - Puluhan warga Kelurahan Talia, Kecamatan Abeli, Kota Kendari, mendatangi Kantor Dinas Sosial (Dinsos) Kota Kendari guna mempertanyakan hak atas Bantuan Sosial (Bansos) terdampak COVID-19.

Kedatangan warga tersebut dikarenakan, hingga kini belum menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) maupun bantuan lainnya seperti sembako yang telah dijanjikan oleh pemerintah.

Salah seorang warga, Harlina, mengaku, hingga kini puluhan warga Talia belum menerima bantuan dari pemerintah dalam bentuk apapun, padahal seluruh berkas yang dipersyaratkan telah dipenuhi dan telah sampai di tingkat kelurahan.

Bahkan katanya, banyak warga yang dinilai kelas ekonomi menengah ke atas justru mendapat bantuan, baik itu berupa Program Keluarga Harapan (PKH) maupun BLT.

Baca juga: Tie Saranani Kembali Dilaporkan ke Polda

"Kita ini tidak dapat apa-apa, mau itu PKH atau BLT. Padahal data kami semua sudah sampe di kelurahan, malahan orang kaya yang dapat itu semua," akunya di Kantor Dinsos Kendari, Kamis (14/5/2020).

Para wargapun menduga bahwa berkas mereka terganjal di Kelurahan Talia dan tidak terinput di Dinas Sosial sebagai penerima bantuan terdampak COVID-19.

Setelah dilakukan pengecekan oleh pihak Dinsos Kendari, diketahui bahwa sebagian besar Kartu Keluarga para warga tersebut belum masuk sebagai penerima bantuan terdampak COVID-19 bahkan untuk penerima PKH.

"Sebagian berkas ada perbaikan data dan lainnya belum terdata, itu masuk pengusulan baru di Puskesos Kelurahan," papar operator Dinsos Kendari.

Reporter: Kardin

Editor: Rani

Artikel Terkait
Baca Juga