Pilkada Sultra: Tiga Daerah Head to Head, Satu Calon Jalur Independen

Musdar, telisik indonesia
Kamis, 20 Agustus 2020
0 dilihat
Pilkada Sultra: Tiga Daerah Head to Head, Satu Calon Jalur Independen
Pilkada 2020. Foto: Repro DetikNews

" Untuk di Muna Peluang Syarifuddin Udu masih besar untuk mendapatkan koalisi dengan modal lima kursi dari Hanura. "

KENDARI, TELISIK.ID - Meskipun rekomendasi partai tujuh daerah di Sultra yang akan melaksanakan Pilkada belum final sepenuhnya, komposisi kandidat di setiap kabupaten mulai terpetakan.

Pengamat Politik Sultra, Najib Husen menyebutkan, ada tiga daerah di Sultra yang berpotensi hanya mempertemukan dua pasang calon saja atau Head to Head. Daerah itu di antaranya, Konawe Utara (Konut) Ruksamin-Abu Haera dan Raup dan Iskandar Mekuo, Kolaka Timur (Koltim) Tony Herbiansyah-Baharuddin dan Samsul Bahri Majid-Andi Merya Nur, kemudian Kabupaten Wakatobi, Arhawi-Hardin Laomo, Haliana-Ilmiati Daud.

Di Pilkada Sultra 2020 ini juga, terdapat satu pasangan calon di Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) kemungkinan besar akan maju dengan jalur independen, yakni pasangan Halim-Untung.

"Tiga daerah ini akan terjadi pertarungan Hed to Head dan besar kemungkinan satu calon independen di Konkep," ungkap Najib Husen, Kamis (20/8/2020).

Sementara empat daerah lainnya, yakni Kabupaten Buton Utara (Butur), Konawe Selatan (Konsel), Konkep dan Muna, kemungkin besar akan hanya ada tiga pasang calon saja yang akan berkompetisi.

Disebutkan, tiga pasang di Butur yakni Abu Hasan-Suhuzu, Ridwan Zakariah-Ahali dan Aswadi Adam-Fahrul Muhammad, di Konsel yakni Surunuddin Dangga-Rasyid, Rusmin Abdul Gani-Senawan Silondae dan Endang-Wahyu Ade Pratama, kemudian di Konkep, Amrullah-Andi Muh Lutfi, Musdar-Ilham Jaya dan Halim-Untung dan Kabupaten Muna LM Rusman Emba-Bahrun Labuta, LM Rajiun Tumada-La Pili dan Syarifuddin Udu-Hasid Pedansa.

Baca juga: Perindo Beri Dukungan ke Haliana-Ilmiati Daud di Wakatobi

"Untuk di Muna Peluang Syarifuddin Udu masih besar untuk mendapatkan koalisi dengan modal lima kursi dari Hanura," sambungnya.

Kendati tiga pasangan calon yang diperkirakan, kemungkinan melahirkan satu pasang calon lagi sehingga menjadi empat calon di beberapa daerah masih bisa saja terjadi.

Misalkan, di Konsel pasangan Irham Kalenggo-Arsalim masih berpelung maju jika berhasil mendapatkan rekomendasi Golkar dan Gerindra dan Pasangan Oheo Sinapoy-Muttaqin Siddiq bisa maju di Pilkada Konkep jika mengantongi rekomendasi Gerindra dan Golkar.

"Kalau melihat hitung-hitungan, di Konkep masih bisa empat pasang karena satu independent, tapi untuk Konsel agak berat untuk melahirkan empat pasangan. Tapi dalam politik yang namanya dinamika setiap detik bisa terjadi perubahan," jelasnya.

"Namun analisis politik ini bukan harga mati, karena di menit-menit terakhir bisa saja terjadi sebuah kejadian luar biasa, yang di mana ada partai berani memilih figur baru," tutupnya.

Reporter: Musdar

Editor: Kardin

Baca Juga