PIN Polio Sasar 251 Lokasi di Kota Baubau

Elfinasari, telisik indonesia
Sabtu, 27 Juli 2024
0 dilihat
PIN Polio Sasar 251 Lokasi di Kota Baubau
Pj Wali Kota Baubau, Muh Rasman Manafi saat memberikan dua tetes imunisasi polio kepada salah satu siswa SDN 3 Baubau. Foto: Ist.

" PIN Polio menyasar 251 lokasi yang tersebar di seluruh wilayah Kota Baubau "

BAUBAU, TELISIK.ID - PIN Polio menyasar 251 lokasi yang tersebar di seluruh wilayah Kota Baubau. Pj Wali Kota Baubau, Muh Rasman Manafi mengungkapkan, PIN Polio tahun 2024 dilakukan serentak di setiap provinsi dilatarbelakangi oleh penyakit polio yang merupakan salah satu kedaruratan masyarakat yang bukan hanya meresahkan Indonesia, bahkan dunia.

Kejadian luar biasa pada tahun 2022 dilaporkan ada di Aceh, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Papua Tengah, dan Papua Pegunungan.

Berdasarkan edaran Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan tentang PIN, untuk menangani kejadian luar biasa ini sudah masuk dalam kategori tinggi sehingga Kota Baubau yang secara posisi merupakan tempat interaksi orang, harus mengambil langkah.

Baubau ini seperti halnya Kota Kendari, merupakan wilayah tempat lalu lalang/tempat berinteraksi, sehingga informasi seperti ini seharusnya cepat diperoleh dan harus dilaksanakan terlebih dahulu bahkan secara berkala dipantau sehingga diharapkan ini bisa meningkatkan imunitas generasi Baubau.

Baca Juga: Angka Stunting di Kota Baubau Meningkat, hingga Juni 2024 Capai 9 Persen

"Pelaksanaan PIN Polio dilaksanakan dalam 2 putaran, putaran pertama/dosis pertama dimulai tanggal 23-29 Juli dan putaran kedua/dosis kedua 6-12 Agustus. Satu minggu sebelum hari kemerdekaan kita Insya Allah sudah berakhir pemberian PIN polio ini," ungkapnya.

Dikatakan, sasarannya anak-anak usia 0-7 tahun tanpa memandang status imunisasi sebelumnya. Jadi karena kita wilayah yang interaksinya tinggi, setiap hari ada kapal yang datang ada orang yang tinggal, jadi ini memang menjadi prioritas untuk hal ini kita jadikan program.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Baubau, dr. Lukman mengatakan, kegiatan pekan imunisasi polio putaran pertama dilaksanakan di setiap kecamatan se-Kota Baubau. Pihaknya telah mempersiapkan 251 lokasi untuk tempat pelaksanaan PIN Polio secara serentak baik untuk putaran pertama maupun kedua.

Baca Juga: Mustari-Zahari Siap Bertarung dalam Pilwali Baubau

Menurut dr. Lukman, kegiatan imunisasi akan diberikan kepada anak usia 0-7 tahun 11 bulan 29 hari sebagai upaya pencegahan penyebaran penyakit polio di Kota Baubau sebab penyakit polio merupakan penyakit berbahaya dan menular yang dapat menyebabkan kelumpuhan bahkan kematian. Dengan adanya imunisasi polio merupakan upaya pencegahan yang paling efektif dalam mencegah penyakit polio.

"Pemberian imunisasi polio sendiri bertujuan untuk meningkatkan imunitas pada tubuh anak serta memberikan perlindungan secara optimal dan merata dari penyakit polio," ungkapnya, Sabtu (27/7/2024).

Dokter Lukman berharap, dengan adanya Pekan Imunisasi Nasional (PIN) dapat memberikan dampak positif dalam peningkatan cakupan imunisasi di kalangan anak-anak di wilayah Kota Baubau.

"Alhamdulillah, Kota Baubau belum terkena dampaknya, dengan adanya program imunisasi ini kita bersama-sama mencegahnya lebih cepat lebih baik," ungkapnya. (B)

Penulis: Elfinasari

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga