Pj Bupati Buton Selatan Resmikan Puskemas Gajah Mada

Ali Iskandar Majid, telisik indonesia
Selasa, 30 April 2024
0 dilihat
Pj Bupati Buton Selatan Resmikan Puskemas Gajah Mada
La Ode Budiman selaku Pj Bupati Buton Selatan saat meresmikan Puskesmas Gajah Mada, Desa Bola, Batauga, Buton Selatan. Foto: Diskominfo Buton Selatan

" Dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat, Pemerintah Kabupaten Buton Selatan resmikan Puskesmas Gajah Mada di Desa Bola, Batauga "

BUTON SELATAN, TELISIK.ID - Dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat, Pemerintah Kabupaten Buton Selatan resmikan Puskesmas Gajah Mada di Desa Bola, Batauga, Selasa (30/4/2024).

Pj Bupati Buton Selatan, La Ode Budiman mengatakan, dengan diresmikan Gedung fasilitas kesehatan (faskes) Puskesmas Gajah Mada ini bisa memuaskan masyarakat dalam mengakses layanan kesehatan, terutama di Desa Poogalampa, Bola, Lampanairi dan Kelurahan Majapahit.

Ia membeberkan, jumlah personil tenaga kesehatan Puskesmas Gajah Mada sudah sangat memumpuni/cukup. Namun status para tenaga kesehatan rata-rata didominasi oleh tenaga kesehatan yang masih magang.

Total keseluruhan tenaga kesehatan Puskesmas Gajah Mada berjumlah 67 orang yang terdiri dari dokter, bidan, perawat, sanitasi, gizi, dan kesehatan lingkungan (Kesling) serta termasuk laboratorium dan analis.

Baca Juga: BMKG Baubau Sebut Gelombang Kelvin Pemicuh Curah Hujan Bulan April

Dari jumlah tenaga kesehatan tersebut terdapat 15 orang berstatus tetap dan sisanya 51 orang berstatus pegawai tidak tetap.

Mengetahui status tenaga kesehatan tersebut yang didominasi pegawai tidak tetap, La Ode Budiman mengatakan bahwa hal tersebut menjadi tugas rumah Pemda Buton Selatan yang mana hak-hak dan kesejahteraan hidup para tenaga kesehatan yang berstatus magang harus terpenuhi. Sementara semua unsur persyaratan jumlah tenaga memadai.

Lebih lanjut, ia menyebutkan, terkait fasilitas kesehatan yang tersedia pada Puskesmas Baru tersebut yang sesuai standar masih harus dibenahi lagi, baik poli umum, Unit Gawat Darurat (UGD), poli gigi hingga laboratorium, serta K.I.A.

Hal ini menunjukkan puskesmas masih sangat membutuhkan penambahan peralatan kesehatan, termasuk prasarana lainnya seperti kursi dan meja.

Pada kesempatan tersebut, Budiman mengucapakan, pelayanan Puskesmas Gajah Mada sudah dimulai per hari ini, Selasa (30/4/2024), dalam melayani masyarakat di tiga desa yakni Desa Poogalampa, Desa Bola, Desa Lampanairi serta satu Kelurahan yaitu Kelurahan Majapahit.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Gajah Mada, Mastun mengatakan Puskesmas baru tersebut sudah siap melayani masyarakat setempat mulai pukul 08.00 - 13.00 Wita. Dengan membuka beberapa pelayanan kesehatan, yakni diantaranya poli umum, UGD, K.I.A, laboratorium termasuk dengan apotik.

Namun terkait pelayanan ibu bersalin, kata dia, kedepannya masih terus dilengkapi dan ditingkatkan yang direncanakan akan beroperasi selama 24 jam, termasuk dengan pelayanan Unit Gawat Darurat (UGD) yang rencananya juga akan beroperasi 24 jam.

Mastun menambahkan, kedepannya pihak Puskesmas Gajah Mada membutuhkan penambahan tenaga dokter yang saat ini masih berjumlah satu orang.

Baca Juga: KPU Buton Selatan Buka Pendaftaran PPK Pilkada 2024, Ini Syarat dan Tahapannya

Kebutuhan dokter tersebut terutama pada bagian poli gigi. Sementara untuk saat ini, pihaknya akan menambah satu tenaga dokter pada layanan kesehatan tersebut.

Namun sebelum itu, ia menyatakan masih harus melengkapi alat-alat kesehatan yang ada pada poli gigi.

Ia turut menyampaikan kegembiraan masyarakat setempat dengan diresmikan Puskesmas Gajah Mada sebab pelayanan kesehatan menjadi mudah diakses. Pasalnya, sebelumnya akses kesehatan masih terkendala oleh jarak tempuh yang cukup jauh.

"Adapun masih kurang kita akan menambah juga tenaga kesehatan kedepannya untuk mencukupi pelayanan 24 jam," Imbuhnya. (B-Adv)

Penulis: Ali Iskandar Majid

Editor: Fitrah Nugraha

 

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DIGOOGLE NEWS

Baca Juga