Plt Bupati Muna Ingatkan Jangan Terpengaruh Sugesti Pecah Belah Caleg

Sunaryo, telisik indonesia
Rabu, 13 Desember 2023
0 dilihat
Plt Bupati Muna Ingatkan Jangan Terpengaruh Sugesti Pecah Belah Caleg
Plt Bupati Muna, Bachrun Labuta bersama Forkopimda saat deklarasi netralitas dalam mendukung Pemilu 2024. Foto: Sunaryo/Telisik

" Plt Bupati Muna, Bachrun Labuta, menekankan pada seluruh aparatur sipil negara (ASN) dan non ASN agar tetap menjaga netralitas pada Pemilu 2024 "

MUNA, TELISIK.ID - Plt Bupati Muna, Bachrun Labuta, menekankan pada seluruh aparatur sipil negara (ASN) dan non ASN agar tetap menjaga netralitas pada Pemilu 2024.

Namun di balik itu juga, Bachrun mengingatkan agar ASN, kades dan masyarakat tidak terpengaruh dengan sugesti para calon anggota legislatif (caleg) yang dapat memecah belah hubungan kekeluargaan akibat beda pilihan.

"Semua orang punya hak politik, tapi jangan terpengaruh dengan sugesti caleg-caleg. Okelah, sebelum mereka terpilih, mereka sangat baik, namun, begitu terpilih, nomor handphone diganti, kaca mobil tertutup rapat. Sementara, orang-orang bawah bermusuhan. Itu harus dihindari," kata Bahrun, Rabu (13/12/2023).

Baca Juga: Pemda Muna Barat Tambah Insentif ke Ketua RT dan RW

Ia berharap ASN dapat memberikan pelayanan dan perlakuan yang sama pada seluruh peserta pemilu. Kemudian, tetap menjaga kondusifitas daerah.

"Jangan ada yang dibeda-bedakan," timpalnya.

Sekda Muna, Eddy Uga mengingatkan ASN agar bijak dalam bermedia sosial (Medsos). Katanya, ada tiga hal yang harus diperhatikan yakni, lisan, tulisan dan perbuatan.

Ia menilai, saat ini ada beberapa pejabat yang sudah kelewatan batas. Mereka doyan mengomentari-mengomentari persoalan politik, khususnya debat calon presiden (capres) di medsos. Seharusnya, bila tidak suka, lebih baik diam. Karena, apabila ditelusuri oleh Bawaslu, bisa menjadi pelanggaran.

"Hati-hati dengan ucapan dan tulisan kita. Karena, kalau terbukti pelanggaran, NIP akan dibekukan," terangnya.

Baca Juga: Hasil Asesmen Jabatan di Muna yang Dilakukan UNM Tak Diakui

Sementara itu, Kapolres Muna, AKBP Mulkaifin mengaku, telah menekankan pada anggotanya untuk tidak memihak pada peserta pemilu.

Pada tahapan kampanye ini, pihaknya bersama TNI berusaha semaksimal mungkin untuk menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif. Karenanya, dibutuhkan kerja sama dan dukungan semua pihak.

"Menciptakan pemilu damai menjadi tugas dan tanggungjawab kita bersama," tandasnya. (A)

Penulis: Sunaryo

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga