Pola Pengamanan ASEAN Summit Dilakukan Terbuka dan Tertutup

Berto Davids, telisik indonesia
Sabtu, 06 Mei 2023
0 dilihat
Pola Pengamanan ASEAN Summit Dilakukan Terbuka dan Tertutup
Kapolri dan Panglima TNI pimpin apel pasukan gabungan pengamanan ASEAN Summit di Labuan Bajo. Foto: Ist.

" Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersama Panglima TNI Laksamana Yudo Margono memimpin apel pasukan gabungan pengamanan KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur "

MANGGARAI BARAT, TELISIK.ID - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersama Panglima TNI Laksamana Yudo Margono memimpin apel pasukan gabungan pengamanan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN 2023 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Apel ini dilakukan guna pengecekan akhir kesiapan anggota, perlengkapan, dan Alutsista.

Menurut Kapolri, pola pengamanan ASEAN Summit akan dilakukan melalui pola terbuka dan tertutup. Saat ini terdapat lebih dari 12.000 personel gabungan yanga akan bertugas melakukan pengamanan.

Baca Juga: Ancaman Bencana dan Langkah Mitigasi Jadi Perhatian Polisi Jelang ASEAN Summit

“Pengamanan mulai dari 7-13 mei 2023 dengan melibatkan lebih dari 12.000 personel gabungan,” ujar Kapolri dalam sambutannya, Sabtu (6/5/23).

Pola pengamanan, menurutnya, akan dilakukan dalam tiga zona. Kemudian, pengamanan dilakukan mulai dari kedatangan VVIP dan VIP, hingga kepulangan dengan pola terbuka dan tertutup.

“Berbagai hal tersebut tentunya disiapkan guna mengamankan KTT ASEAN 2023 dari berbagai situasi ancaman yang mungkin terjadi, seperti aksi kriminalitas, unjuk rasa, gangguan Kamsemtibcarlantas, serangan Siber, sampai dengan situasi kontigensi terorisme dan bencana alam,” tutupnya.

Sementara itu Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono memerintahkan para personel untuk menjalankan pengamanan dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN/ASEAN Summit dengan baik sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang telah diberikan pada masing-masing satuan tugas.

Baca Juga: PLN Siapkan Listrik Andal Tanpa Kedip Demi Dukung ASEAN Summit Labuan Bajo

"Tunjukkan bahwa kalian prajurit profesional, individu terlatih, dan memahami serta menguasai tugas dan tanggung jawab masing-masing dengan baik," kata Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono.

Untuk menjalankan tugas pengamanan selama kegiatan internasional itu, Panglima TNI Yudo menekankan agar para personel TNI mengetahui detail kegiatan, mengikuti perkembangan, dan siap dengan segala dinamika yang terjadi di lapangan. (B)

Penulis: Berto Davids

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga