Gubernur Khofifah Beber Tempat Wisata di Jawa Timur Layak Dikunjungi saat Pergantian Tahun

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Kamis, 29 Desember 2022
0 dilihat
Gubernur Khofifah Beber Tempat Wisata di Jawa Timur Layak Dikunjungi saat Pergantian Tahun
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa beber destinasi wisata di Jawa Timur layak dikunjungi saat pergantian tahun 2023. Foto: Ist.

" Dengan potensi yang dimiliki Jawa Timur, Gubernur Khofifah optimis perjalanan wisatawan nusantara (wisnus) pada tahun 2023 di Jawa Timur akan mampu mencapai 238,8 juta "

SURABAYA, TELISIK.ID - Jawa Timur menjadi pilihan pas untuk berlibur lantaran memiliki banyak sekali destinasi wisata eksotik di 38 kabupaten/kota. Baik itu wisata alam, budaya, hingga kuliner, yang tidak ditemui di tempat lain.

"Wisata alam lengkap, mulai dari gunung, kawah, pantai, sungai, lautan, tempat surfing, snorkeling, paralayang, dan lain sebagainya. Budaya ada Tenger, Osing, Madura, dan masih banyak lagi. Sedangkan kuliner, saya yakin cita rasa masakan Jawa Timur cocok di semua lidah," ungkap gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di Surabaya, Kamis (29/12/2022).

Dengan potensi yang dimiliki Jawa Timur, Gubernur Khofifah optimis perjalanan wisatawan nusantara (wisnus) pada tahun 2023 di Jawa Timur akan mampu mencapai 238,8 juta. Target ini cukup terukur mengingat Jawa Timur menjadi provinsi tertinggi dengan jumlah perjalanan wisnus nasional, pada tahun tahun 2020 dan 2021. Detailnya, pada tahun 2020 kunjungan wisnus ke Jawa Timur sebanyak 126.676.862 dan pada tahun 2021 sebanyak 145.114.120.

Khofifah menuturkan, sektor pariwisata Jawa Timur terus berbenah, terutama dalam hal pembangunan insfrastruktur penunjang pariwisata. Harapannya, wisatawan yang berkunjung tidak hanya merasa aman dan nyaman, tapi dapat pulang dengan bahagia.

Baca Juga: 123 Kades Terpilih Berikrar Bangun Desa

Khofifah mencontohkan pengembangan di kawasan Pacitan yang terkenal dengan sebutannya 'Kota 1001 Goa'. Selanjutnya di kawasan utara seperti Gresik dan Tuban, Jawa Timur pun tak lepas dari wisata religi beserta dengan kegiatan ziarahnya.

"Nah, untuk bagian tengah selatan terdapat Bromo Tengger Semeru (BTS). Yang akan menjadi sesuatu yang baru dan  menarik para pengunjung adalah jembatan Kaca Seruni Point yang akan kita resmikan dan akan  menjadi tempat ikonik di BTS," kata Khofifah.

Baca Juga: Tak Seperti Dulu Lagi, Pantai Batu Gong Kini Sepi Pengunjung

Sedangkan di tempat terpisah, Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Toni Harmanto  mengimbau kepada seluruh masyarakat yang ada di Jawa Timur tetap waspada, terlebih situasi dan kondisi cuaca di wilayah Jawa Timur khususnya masih terjadi bencana.

“Kami berharap dan mengimbau agar masyarakat dalam mengisi libur akhir tahun dan menyambut tahun baru kali ini tetap waspada, mengingat sesuai prakiraan BMKG Jawa Timur masih ada potensi cuaca buruk khususnya wilayah pesisir pantai,” jelas mantan Wakapolda Jawa Timur ini. (B)

Penulis: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga