Polda Jawa Timur Gelar Operasi Zebra Semeru 2023 Selama 2 Pekan

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Senin, 04 September 2023
0 dilihat
Polda Jawa Timur Gelar Operasi Zebra Semeru 2023 Selama 2 Pekan
Dirlantas Polda Jawa Timur, Kombes Pol Mohammad Taslim mengatakan, pola penindakan sama seperti pelaksanaan operasi patuh yang lalu dalam menggelar operasi zebra semeru 2023. Foto: Ist.

" Untuk kesekian kalinya Polda Jawa Timur melakukan gelar apel operasi Zebra Semeru 2023, di Surabaya, Senin (4/9/2023). Rencananya operasi dilakukan selama 14 hari, mulai 4-17 September 2023 "

SURABAYA, TELISIK.ID - Untuk kesekian kalinya Polda Jawa Timur melakukan gelar apel operasi Zebra Semeru 2023, di Surabaya, Senin (4/9/2023). Rencananya operasi dilakukan selama 14 hari, mulai 4-17 September 2023.

Dirlantas Polda Jawa Timur, Kombes Pol Mohammad Taslim mengatakan, pola penindakan sama seperti pelaksanaan operasi patuh yang lalu. Selain itu, untuk operasi patuh dan operasi zebra ini lebih ke arah penegakan hukum dan untuk membangun keteraturan, keterlibatan masyarakat di jalan.

"Ini semuanya adalah dalam rangka menjamin rasa aman, nyaman, masyarakat ketika berlalulintas di jalan. Tadi data sudah kita sama-sama dengar pada saat arahan dari bapak Kapolda, kecelakaan mengalami peningkatan yang sangat tajam sampai dengan 70 persen, jika di bandingkan antara tahun 2002 dengan 2023," katanya.

Baca Juga: Target Menang Pemilu 2024, Ini yang Dilakukan PPP di Jawa Timur

Lebih jauh disampaikan, untuk pelanggaran sendiri juga meningkat, meningkatnya cukup signifikan, di atas 1000 persen. Ini untuk menunjukkan penindakan terus dilakukan, hanya saja pemaklumannya dari mobilisasi masyarakat atau dinamisnya masyarakat, di tahun 2023 ini memang lebih meningkat di banding tahun 2022.

"Jadi itu pola kita melakukan pendeteksian selain edukasi, tetapi penindakan itu diutamakan melalui Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) secara elektronik. Hanya saja di operasi zebra khusus di Jawa Timur nanti kita akan melakukan modifikasi," terangnya.

Operasi zebra ini lanjut Taslim akan bekerja sama dengan Jasa Raharja, termasuk Bapenda, akan menyiapkan semacam Gif.

Baca Juga: Masa Kerja Gubernur Khofifah Segera Berakhir, Ini Syarat Pj Gubernur Jawa Timur

"Jadi yang melanggar kita tilang, yang tertib akan kita berikan apresiasi, meskipun hanya sebuah Gif begitu, akan tetapi itu bentuk penghargaan kita terhadap masyarakat yang sudah mau tertib di jalan," jelasnya.

Kakorlantas Polri, Irjen Pol Firman Shantyabudi menyampaikan, operasi zebra dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia sejak 4-17 September 2023.

“Korlantas Polri akan menyelenggarakan operasi zebra serentak seluruh wilayah di Indonesia mulai tanggal 4 hingga 17 September 2023,” tulis akun Instagram NTMC Polri.

Korlantas mengimbau kepada masyarakat untuk melengkapi surat-surat berkendara. “Jangan lupa catat tanggalnya dan lengkapi surat-surat berkendara,” tulisnya. (B)

Penulis: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga