Polda Sulawesi Tenggara Bidik Wilayah Kepulauan untuk Rekrut Putra Daerah Jadi Polisi

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Minggu, 22 September 2024
0 dilihat
Polda Sulawesi Tenggara Bidik Wilayah Kepulauan untuk Rekrut Putra Daerah Jadi Polisi
Personel Biro SDM Polda Sultra saat melakukan sosialisasi di sekolah-sekolah di Tomia. Foto: Ist

" Polda Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui Biro Sumber Daya Manusia (SDM) terus berupaya memperluas jangkauan sosialisasi penerimaan anggota Polri hingga ke wilayah kepulauan "

WAKATOBI, TELISIK.ID – Polda Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui Biro Sumber Daya Manusia (SDM) terus berupaya memperluas jangkauan sosialisasi penerimaan anggota Polri hingga ke wilayah kepulauan.

Tim dari Biro SDM Polda Sultra melaksanakan kegiatan sosialisasi perihal hal tersebut di Pulau Tomia, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara, di SMAN 1 dan SMAN 2 Negeri Tomia, Sabtu (21/9/2024).

Kegiatan ini dipimpin oleh Karo SDM Polda Sultra, Kombes Pol Arief Fitrianto, didampingi Kabagdalpers Biro SDM, AKBP Saminata, serta AKP Muhammad Rosman dan Ipda Firman Akbar.

Baca Juga: Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW, Wakapolres Buton Sampaikan Pesan Moral

Dalam kegiatan tersebut, tim Biro SDM Polda Sultra memberikan informasi lengkap mengenai syarat dan prosedur pendaftaran calon anggota Polri, termasuk persyaratan fisik, psikologis, dan akademis yang diperlukan.

“Keberadaan Polri di wilayah kepulauan seperti Tomia sangat penting untuk meningkatkan akses informasi bagi generasi muda,” ujar Arief, melalui keterangan tertulis yang diterima telisik.id.

Sosialisasi ini tidak hanya bertujuan untuk memberikan informasi mengenai penerimaan anggota Polri, tetapi juga untuk memotivasi siswa-siswi setempat agar memiliki aspirasi bergabung dengan institusi kepolisian.

Wilayah Wakatobi, kata Arief, sering kali menghadapi keterbatasan akses informasi dibandingkan dengan wilayah daratan, sehingga kegiatan ini diharapkan dapat mempersempit kesenjangan tersebut.

Baca Juga: Diduga Masalah Utang Piutang Orang tua, Perempuan Tewas dengan Wajah Terlakban

Selain itu, sosialisasi ini bertujuan untuk membangun kepercayaan masyarakat kepulauan terhadap transparansi dan keadilan dalam proses rekrutmen calon personel Polri.

“Dengan menghadirkan langsung personel Polda Sultra, masyarakat diharapkan dapat memahami lebih dalam mengenai proses seleksi yang berlangsung secara objektif. Kegiatan ini membuka peluang bagi putra-putri daerah untuk mengabdikan diri melalui Polri,” ujar Arief.

Polda Sultra berharap dapat menjaring lebih banyak calon anggota Polri dari daerah kepulauan, yang memiliki potensi besar tetapi sering kali terhambat oleh keterbatasan akses informasi. Harapannya, kegiatan ini dapat terus berlanjut di wilayah-wilayah terpencil lainnya di Sulawesi Tenggara. (C-Adv)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Mustaqim

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga