Polres Konawe Pastikan Para Pemudik Aman

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Senin, 17 April 2023
0 dilihat
Polres Konawe Pastikan Para Pemudik Aman
Sinergitas Polres Konawe bersama Pemda Konawe dan stakeholder terkait dalam pengamanan menjelang perayaan hari raya Idul Fitri 1444 Hijriah. Foto: Ist.

" Polres Konawe mulai menggelar operasi ketupat serta memastikan para pemudik aman jelang perayaan hari raya Idul Fitri 1444 Hijriah tahun 2023 "

KONAWE, TELISIK.ID - Polres Konawe mulai menggelar operasi ketupat serta memastikan para pemudik aman jelang perayaan hari raya Idul Fitri 1444 Hijriah tahun 2023.

Kapolres Konawe, AKBP Ahmad Setiadi menuturkan, kegiatan operasi itu merupakan wujud nyata sinergisitas Polri dengan stakeholder dalam rangka mengamankan mudik dan perayaan hari raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

Ia berkomitmen untuk melaksanakan pengamanan secara optimal, melalui operasi terpusat dengan sandi “ketupat 2023” selama 14 hari sejak 18 April hingga 1 Mei 2023.

Baca Juga: Polres Konawe Salurkan Bantuan untuk Korban Bencana Alam

"Demi kelancaran arus mudik dan balik maka kami lakukan pembatasan operasional angkutan barang, terdapat klasifikasi angkutan yang masih diizinkan beroperasi, seperti kendaraan pengangkut BBM, hantaran uang, hewan ternak dan pupuk," ungkapnya.

Kapolres menekankan kepada anggota untuk memastikan kendaraan-kendaraan dengan dilengkapi surat muatan yang ditempelkan pada kaca kendaraan sebelah kiri, sehingga mempermudah proses pemeriksaan.

"Apabila masih ditemukan kendaraan angkutan barang yang masih beroperasi di luar ketentuan, maka segera lakukan penindakan," tegasnya.

Ia juga menekankan terkait laka lantas di wilayah hukum Polres Konawe untuk dapat mengoptimalkan langkah preventif dengan menempatkan personel dan melengkapi rambu pada titik-titik rawan kecelakaan.

Di samping itu, personel terus mengingatkan masyarakat untuk memastikan kelayakan kendaraan sebelum digunakan, lakukan penguatan edukasi tertib berlalu lintas. Imbau pengemudi untuk memastikan kondisi kesehatan dan segera beristirahat apabila mengalami kelelahan.

"Apabila terjadi laka lantas, segera lakukan penanganan secara cepat untuk menolong korban, serta upayakan jangan sampai berimplikasi terhadap kemacetan yang parah. Tentunya berbagai pengaturan pada operasi ketupat 2023 harus didukung oleh penguatan komunikasi publik," bebernya.

Sementara itu, Wakapolres Konawe Kompol Alwi saat dikonfirmasi menuturkan pihaknya telah menyiapkan 3 pos pengamanan untuk memantau arus mudik jelang perayaan Idul Fitri 1444 Hijriah.

"Kita sudah siapkan 3 pos pengamanan, lokasinya ada di Pertigaan Lambuya-Puriala, Perempatan tugu adipura Unahaa, dan Pertigaan Sampara-Morosi," jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga akan melakukan pengamanan di tempat ibadah terutama pada pelaksanaan salat Idul Fitri dengan melibatkan personel TNI-Polri, ormas serta mitra kamtibmas lainnya.

Baca Juga: Wakili Polda Sulawesi Tenggara, Anggota Polres Konawe Sabet Emas Kejuaraan Shindoka Cup Nasional Open

Sekda Konawe, Ferdinand Sapan memastikan ketersediaan pangan menjelang perayaan Idul Fitri 1444 Hijriah di Kabupaten Konawe dipastikan aman.

Ia juga akan memastikan stabilitas harga bahan pokok dan bahan penting (Bapokting) akan tetap terjaga.

"Kita akan terus berkoordinasi antara satgas pangan dengan stakeholder terkait, sehingga tidak terjadi kelangkaan maupun kenaikan harga bapokting selama perayaan hari raya Idul Fitri 1444 Hijriah," pungkasnya. (A-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga