Polres Muna Bakal Ubah Penegakan Tilang Polantas

Sunaryo, telisik indonesia
Rabu, 19 Januari 2022
0 dilihat
Polres Muna Bakal Ubah Penegakan Tilang Polantas
Kapolres Muna, AKBP Mulkaifin menerima perwakilan pemuda. Foto : Sunaryo/Telisik

" Step by step kita akan benahi penindakan dilapangan dalam rangka meminimalisir kecelakaan lalu lintas dan pelanggaran "

MUNA, TELISIK.ID - Satuan Polisi Lalu Lintas (Sat Lantas) Polres Muna menuai sorotan masyarakat akibat aksi pengejaran terhadap salah seorang siswa SMKN 2 Raha yang melakukan pelanggaran hingga ke lingkungan sekolah, 11 Januari lalu.

Arifin, salah seorang pemuda menerangkan, aksi kejar-kejaran yang dilakukan polisi lalu lintas (Polantas) sangat meresahkan masyarakat dan cenderung membahayakan para pengendaran. Karena itu, ia meminta pada Kapolres Muna, AKBP Mulkaifin agar kejadian itu tidak terulang kembali.

"Kalau itu terus-menerus terjadi akan membahayakan nyawa pengendara. Kami harap, Polantas lebih mengedukasi pengendara, jangan lagi ada kejar-kejaran," pinta Arifin, Rabu (19/1/2022).

Sementara itu, Kapolres Muna, AKBP Mulkaifin mengatakan, masukan dari masyarakat menjadi bahan evaluasi perbaikan kinerja. Ia mengaku, selama ini masih kurang melakukan edukasi terhadap pengguna kendaraan, khususnya kelompok remaja yang rentan melakukan pelanggaran dalam berkendara.

Baca Juga: Cederai Demokrasi, Endang Sesalkan Penangkapan Aktivis Mahasiswa Buton Utara

"Ini menjadi bahan evaluasi terhadap internal untuk membenahi SOP dalam penindakan dilapangan," kata Mulkaifin.

Baca Juga: Rapat Paripurna DPRD Muna Barat Molor Hingga 8 Jam

Pengganti AKBP Debby Asri Nugroho itu berjanji akan merubah penindakan Polantas di lapangan. Carannya, dengan tidak melakukan kejar-kejaran, tetapi intens melakukan edukasi di sekolah-sekolah dengan memeberikan pemahanan tata cara berkendara yang mengutamakan faktor keselamatan, bekerja sama dengan dealer agar menyiapkan brosur tata cara berkendara yang benar dan memanfaatkan teknologi dalam penindakan, semisal pengendara yang melakukan pelanggaran tinggal dicatat plat kendaraannya dan dicocokan melalui sistim.

"Step by step kita akan benahi penindakan dilapangan dalam rangka meminimalisir kecelakaan lalu lintas dan pelanggaran," ujarnya.

Ia sendiri sudah memiliki program untuk memberi edukasi terhadap para pengendara. Dalam waktu, setiap Senin, ada anggotanya yang turun ke sekolah-sekolah untuk memberikan pemahaman agar menaati peraturan lalu lintas dan tata cara berkendara yang benar. (B)

Reporter: Sunaryo

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga