PPP Sulawesi Tenggara Pastikan Formulir B1 KWK Pasangan AJP-ASLI Terbit Bulan Ini

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Senin, 08 Juli 2024
0 dilihat
PPP Sulawesi Tenggara Pastikan Formulir B1 KWK Pasangan AJP-ASLI Terbit Bulan Ini
PPP Sulawesi Tenggara pastikan formulir B1 KWK pasangan AJP-ASLI Terbit pada bulan Juli 2024 ini. Foto: Ist

" Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Sulawesi Tenggara memastikan formulir B1 KWK turun untuk Pasangan mu Calon Wali Kota Kendari, Aksan Jaya Putra dan Andi Sulolipu (AJP-ASLI) di bulan Juli ini "

KENDARI, TELISIK.ID - Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Sulawesi Tenggara memastikan formulir B1 KWK turun untuk Pasangan Calon Wali Kota Kendari, Aksan Jaya Putra dan Andi Sulolipu (AJP-ASLI) di bulan Juli ini.

Ketua Tim Desk Pilkada DPW PPP Sulawesi Tenggara, Sofyan saat ditemui disalah satu Cafe di Kota Kendari, Senin (8/7/2024) siang, mengatakan bahwa format B1 KWK sementara dalam proses penggodokan di DPP PPP.

Namun yang perlu digaris bawahi, kata dia, mereka yang nantinya diberikan format B1 KWK, harus terlebih dahulu menyerahkan hasil survei pasangan, serta rekomendasi dukungan dari partai koalisi.

"Untuk format B1 KWK, kita selesaikan di bulan Juli ini. Hanya saat ini kami masih menunggu pertama survei pasangan, kedua dukungan partai," ucap dia.

Baca Juga: Jurni Pengusaha Asal Kepulauan Terjun ke Dunia Politik, Ini Visinya

Adapun calon yang akan diberikan format B1 KWK-nya, bagi calon kepala daerah (Cakada) yang sebelumnya sudah menerima surat rekomendasi dari DPP PPP.

Dimana, tahapan penjaringan beberapa waktu lalu yang dibuka di tujuh daerah, diantaranya Kota Kendari, Konawe Selatan (Konsel), Muna Barat (Mubar), Kota Baubau, Buton, Kolaka Utara (Kolut), dan Kolaka.

Dari nama-nama cakada di tujuh daerah yang direkomendasikan DPW PPP ke DPP, baru lima daerah yang diberikan rekom oleh DPP. Sedangkan dua daerah lainnya, Mubar dan Buton belum diturunkan rekomendasinya, lantaran calon tersebut belum memiliki pasangan.

Sementara calon yang sudah menerima rekomendasi, salah satunya kepada pasangan calon AJP-ASLI yang akan maju di Pemilihan Wali (Pilwali) Kota Kendari.

"Darwin (Calon Bupati Mubar) belum diberikan rekomendasi karena belum ada pasangan. Terus di Buton surat tugas dan rekomendasi belum keluar," pungkasnya.

Sebelumnya, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) II Partai Golkar dan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PPP Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) telah sepakat segera membentuk partai koalisi pemenangan Aksan Jaya Putra-Andi Sulolipu (AJP-ASLI).

Rencana pembentukan partai koalisi pemenangan tersebut, usai dilakukannya pertemuan antara pasangan Bakal Calon (Balon) Wali Kota Kendari AJP-ASLI dengan Ketua DPC PPP Kota Kendari, Hasbudi, Ketua DPC DPD II Partai Golkar, La Ode Muhamad Inarto, beserta pengurus dari kedua partai tersebut di Kantor DPC PPP Kota Kendari,

Aksan menerangkan, pertemuan tersebut, merupakan tindaklanjut atau perintah dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PPP pasca menerbitkan rekomendasi pasangan maju di Pemilihan Wali (Pilwali) Kota Kendari pada 27 November 2024 mendatang.

Dimana, perintah yang tertera di dalam surat rekomendasi, DPC PPP Kota Kandari bersama-sama dengan pasangan calon agar melakukan konsolidasi internal dan komunikasi politik dengan partai lain, guna memantapkan koalisi dalam rangka memenuhi persyaratan pencalonan di Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Baca Juga: Program Sultra Beriman, Bacalon Gubernur Sulawesi Tenggara Lukman Abunawas Beri Umroh Gratis Setiap Bulan

"Memang pertemuan dengan pengurus PPP sudah kami agendakan beberapa waktu lalu, berhubung masing-masing punya kesibukan, sehingga pertemuan baru dilakukan Minggu kemarin, dan dihadiri Ketua Golkar Kendari, Sekertaris, dan beberapa wakil ketua juga ikut," ucap AJP.

Dari pertemuan tersebut menghasilkan sejumlah kesepakatan, diantaranya baik dari pasangan Balon Wali Kota Kendari maupun dari PPP dan Golkar sepakat segera membentuk partai koalisi pemenangan AJP-ASLI.

Kemudian, memasifkan sosialisasi, turun dilapangan bersama-sama dalam rangka menguatkan mesin partai koalisi antara Partai Golkar dan PPP.

"Dalam waktu dekat, akan segera disusun surat keputusan pemenangan pilkada, dan nantinya kita akan laporkan di KPU saat pendaftaran nanti," jelasnya. (B)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga