Profil Lengkap Andap Budhi Revianto, Bakal Jadi Pj Gubernur Sulawesi Tenggara

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Jumat, 01 September 2023
0 dilihat
Profil Lengkap Andap Budhi Revianto, Bakal Jadi Pj Gubernur Sulawesi Tenggara
Andap Budhi Revianto santer terdengar bakal melanjutkan tahta kepemimpinan Ali Mazi sebagai Pj Gubernur Sulawesi Tenggara. Foto: Repro Rm.id

" Komjen. Pol. Dr. (H.C.) Andap Budhi Revianto, S.I.K., M.H merupakan pria yang lahir di Jakarta pada 23 Juni 1966. Ia merupakan lulusan Akabri pada tahun 1988 dari Kecabangan Reserse "

KENDARI, TELISIK.ID - Andap Budhi Revianto dikabarkan bakal memimpin Sulawesi Tenggara, menggantikan Ali Mazi. Lalu siapa sebenarnya Andap Budhi Revianto?

Komjen. Pol. Dr. (H.C.) Andap Budhi Revianto, S.I.K., M.H merupakan pria yang lahir di Jakarta pada 23 Juni 1966. Ia merupakan lulusan Akabri pada tahun 1988 dari Kecabangan Reserse.

Pendidikan kepolisian lain yang pernah ditempuhnya antara lain PTIK (2000), Sespim (2005), Sespati dan Lemhannas PPRA 53 (2015).

Posisi strategis mulai diembannya saat ditunjuk menjadi Waridirtipidter Bareskrim Polri pada tahun 2015. Satu tahun setelahnya, dia menjabat sebagai Karopal Sarpras Polri.

Dalam waktu yang sama, jenderal asal Jakarta itu dipercaya menjadi Kapolda Sulawesi Tenggara. Pada jabatan ini, ia pernah menciptakan sebuah aplikasi bernama Halu Haluo Polda Sulawesi Tenggara seperti dilansir dari Sindonews.com.

Aplikasi tersebut merupakan sebuah inovasi pelayanan berbasis teknologi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat Sulawesi Tenggara terkait kamtibmas sehingga masyarakat tidak perlu lagi datang ke kantor polisi untuk melapor apabila ada tindak kejahatan.

Baca Juga: Kembali Viral, Andap Budhi Revianto Disebut A1 Jadi Pj Gubernur Sulawesi Tenggara

Atas terobosan tersebut, Andap Budhi Revianto telah memperoleh penghargaan Kendari Pos Award 2017 sebagai Tokoh Kamtibmas dan Inovasi Pelayanan Masyarakat.

Sedangkan untuk karirnya di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) dimulai pada tahun 2020 untuk menggantikan pendahulunya yakni Aidir Amin Daud sebagai Inspektur Jenderal Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI.

Riwayat jabatan Andap Budhi Revianto di antaranya:

- Wadirtipidter Bareskrim Polri (2015)

- Karopal Sarpras Polri (2016)

- Kapolda Sultra (2016)

- Kapolda Maluku (2018)

- Kapolda Kepri (2018)

- Irjen Kemenkumham (2020)

- Sekjen Kemenkumham (2021-hingga sekarang).

Baca Juga: Masuk Calon Pj Gubernur Sulawesi Tenggara, Muh Zamrun Firihu: Saya Siap

Sebelumnya, Andap Budhi Revianto santer terdengar bakal melanjutkan tahta kepemimpinan Ali Mazi, sebagai penjabat. Ia bahkan banyak mendapat ucapan selamat dari berbagai grup WhatsApp dan juga story.

Telisik.id kembali mengonfirmasi isu tersebut melalui Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kemendagri Benny Irwan, namun ia belum memberikan tanggapan.

Sementara itu pengamat politik ikut memberikan komentarnya. M Najib Husain beberapa waktu lalu saat Telisik.id menyambangi kantornya, berharap agar Pj gubernur yang terpilih merupakan putra daerah serta tak ada kepentingan dengan partai dan tak ada kecenderungan dengan pihak manapun. (B)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga