Kembali Viral, Andap Budhi Revianto Disebut A1 Jadi Pj Gubernur Sulawesi Tenggara

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Kamis, 31 Agustus 2023
0 dilihat
Kembali Viral, Andap Budhi Revianto Disebut A1 Jadi Pj Gubernur Sulawesi Tenggara
Mantan Kapolda, Andap Budhi Revianto kembali mencuat dan menjadi perbincangan di beberapa grup WhatsApp terkait dirinya yang bakal memimpin Sulawesi Tenggara kedepan. Foto: Jurnalkumham.com

" Kepala Biro Pemerintahan Setda Sulawesi Tenggara, Muliadi menuturkan Pj gubernur merupakan kewenangan Presiden RI melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) "

KENDARI, TELISIK.ID - Kembali beredar isu Pj Gubernur Sulawesi Tenggara, nama yang kembali viral lagi-lagi Andap Budhi Revianto disebut dalam sebuah grup WhatsApp sebagai penerus tahta Ali Mazi.

Selain Andap, beberapa nama usulan lainnya yaitu Sekda Sulawesi Tenggara, Asrun Lio dan Rektor Universitas Halu Oleo, Muhammad Zamrun Firihu.

Saat ditanya oleh Telisik.id beberapa waktu lalu terkait Pj gubernur, Kepala Dinas Kominfo Sulawesi Tenggara, Ridwan Badallah menyebut pelantikan Pj gubernur bakal dilaksanakan pada 5 September 2023.

Baca Juga: 8 Poin Utama dalam RPJPD 2025-2045 Kota Kendari

"Kita akan tahu siapa yang jadi Pj gubernur, Insya Allah tanggal 5 bulan september, karena itu adalah kewenangan pemerintah pusat," bebernya melalui sambungan Telpon.

Sementara itu, Kepala Biro Pemerintahan Setda Sulawesi Tenggara, Muliadi menuturkan Pj gubernur merupakan kewenangan Presiden RI melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

"Jadi polanya pengusulan Pj gubernur hanya dua komponen yang mengusul yaitu DPRD provinsi dengan menteri dalam negeri," tuturnya.

Baca Juga: Lukman Abunawas Dukung Program KNPI Kolaka Melalui Baksos

Telisik.id mengonfirmasi isu tersebut melalui Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen), Kemendagri Benny Irwan, ia menyebut jika sidang Tim Penilai Akhir (TPA) belum selesai.

"Mohon maaf, kami belum terinformasi karena sidang TPA  belum selesai," imbuhnya.

Sementara itu pengamat politik ikut memberikan komentarnya terkait Pj gubernur, M Najib Husain beberapa waktu lalu saat Telisik.id menyambangi ruangannya, ia berharap Pj gubernur yang terpilih merupakan putra daerah serta tak ada kepentingan dengan partai dan tak ada kecenderungan dengan pihak manapun. (A)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Adinda Septia Putri

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga