Masuk Calon Pj Gubernur Sulawesi Tenggara, Muh Zamrun Firihu: Saya Siap

Kardin, telisik indonesia
Rabu, 02 Agustus 2023
0 dilihat
Masuk Calon Pj Gubernur Sulawesi Tenggara, Muh Zamrun Firihu: Saya Siap
Rektor UHO Kendari, Muh Zamrun Firihu mengaku siap jika dipilih jadi Pj Gubernur Sulawesi Tenggara. Foto: Kardin/Telisik

" Usai diusulkan sebagai calon Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Tenggara oleh DPRD, Rektor Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Muh Zamrun Firihu mengaku siap "

KENDARI, TELISIK.ID - Usai diusulkan sebagai calon Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Tenggara oleh DPRD, Rektor Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Muh Zamrun Firihu, akhirnya angkat bicara.

Kata Zamrun, diusulkannya ia sebagai calon Pj gubernur merupakan suatu kehormatan. Zamrun mengaku, semua itu berjalan normal dan tidak ada persiapan khusus.

"Kalau memang itu memenuhi syarat dan bisa diusulkan, yang pasti saya siap," ujar Zamrun saat ditemui di Rektorat UHO Kendari, Rabu (2/8/2023).

Zamrun mengaku, semua yang diusul DPRD Sulawesi Tenggara sebagai calon Pj gubernur memiliki kapasitas yang dianggap memenuhi syarat.

"Pastinya pemerintah akan memilih Pj gubernur yang memenuhi syarat, punya kapabilitas dan bisa dipercaya untuk bisa mengemban amanah," bebernya.

Baca Juga: Daftar Kekayaan 3 Pj Gubernur Sulawesi Tenggara yang Diusul ke Kemendagri

Jika diamanahkan sebagai Pj Gubernur Sulawesi Tenggara, Zamrun mengaku tidak ada masalah dengan posisinya sebagai Rektor UHO. Karena semua manajemen itu bisa dijalankan dengan regulasi dan peraturan yang ada.

"Saya dasarnya itu, sehingga kita semua tahu dan paham soal fungsi kita masing-masing," ucap Zamrun.

Diketahui, DPRD Sulawesi Tenggara telah menetapkan 3 calon Pj gubernur, melalui sidang paripurna pada Senin (31/7/2023) kemarin. Mereka adalah Rektor UHO, Muh Zamrun Firihu, Sekda Sulawesi Tenggara, Asrun Lio dan mantan Kapolda Komjen Andap Budhi Revianto.

Baca Juga: Sah, DPRD Tetapkan 3 Nama Calon Pj Gubernur Sulawesi Tenggara

Ketua DPRD Sulawesi Tenggara, Abdurrahman Shaleh mengatakan, ketiga nama tersebut berhasil disaring dari 7 nama yang diusulkan oleh 8 fraksi di DPRD. Ia menjelaskan, ketiga nama itu dipilih karena memenuhi kaidah-kaidah sosial kontrol dan tokoh yang berdedikasi di Sulawesi Tenggara.

Dia memastikan tiga nama tersebut selanjutnya akan dikirim ke Kemendagri sebelum 9 Agustus 2023.

Abdurrahman Shaleh berharap tiga nama yang diusulan ini bisa membawa kemaslahatan rakyat di Sulawesi Tenggara. (B)

Penulis: Kardin

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga