Proses Pencarian Nelayan di Buton Selatan Sampai 7 Mil Lepas Teluk Lande

Ali Iskandar Majid, telisik indonesia
Jumat, 12 Januari 2024
0 dilihat
Proses Pencarian Nelayan di Buton Selatan Sampai 7 Mil Lepas Teluk Lande
Persiapan Tim SAR Gabungan BPBD Buton Selatan bersama Basarnas Baubau melakukan pencarian sesi kedua. Foto: Ali Iskandar Majid/Telisik

" Sebanyak lima personel BPBD Buton Selatan dan delapan personel Basarnas Baubau dikerahkan kembali cari nelayan yang hilang di Teluk Lande "

BUTON SELATAN, TELISIK.ID - Sebanyak lima personel BPBD Buton Selatan dan delapan personel Basarnas Baubau dikerahkan kembali cari nelayan yang hilang di Teluk Lande.

Sebelumnya, tim SAR yang terdiri dari gabungan BPBD Buton Selatan dan Basarnas Baubau sudah melakukan pencarian sejak pagi tadi, Jumat (12/1/2024), pada 07.00 Wita, dengan menyelisir area rompong ikan korban.

Pencarian nelayan yang dinyatakan hilang pada Rabu (10/1/2024) itu difokuskan pada radius 7 mil yang mana sesuai dengan titik rompong korban dinyatakan hilang.

Baca Juga: Perbaiki Rompong Ikan, Nelayan Buton Selatan Hilang di Teluk Lande

Sementara itu, saat ini tim SAR gabungan kembali menggelar aksi pencarian pada siang ini, Jum'at (12/1/2024).

"Sesuai SOP jadwal pencarian untuk sesi kedua, pukul 13.00 Wita," kata La Ode Risawal, Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Buton Selatan, saat ditemui Telisik.id.

Aktivitas pencarian nelayan hilang pada sesi kedua masih terus berkoordinasi dengan RIB yang diterjunkan langsung ke lokasi Teluk Lande.

"Kita terus berkoordinasi dan menunggu konfirmasi dari RIB yang sudah turun mencari siang hari ini di Teluk Lande," tambah Risawal.

Komandan Pos Sar Basarnas Baubau, Susandi Padli, tim gabungan pencarian nelayan hilang juga turut melibatkan keluarga dan kerabat korban.

"Saya juga mengkoordinasikan semu potensi SAR yang terlibat dalam pencarian untuk fokus pada korban," katanya.

Susandi menambahkan, tinggi gelombang berada di 0,5 sampai dengan 1,5 meter. Sementara arah angin saat ini mengarah dari Barat ke Timur yang berpengaruh juga dengan posisi objek bedasarkan SAR Maps.

Berdasarkan data yang diperoleh dari press release Basarnas Kendari, kecepatan angin diperkirakan pada angka 6 sampai dengan 25 knots.

Dilain sisi, Kapolsek Kecamatan Lapandewa, IPTU La Ode Muhammad Yusmar Umbo juga memberikan keterangannya terkait nelayan hilang tersebut.

Baca Juga: KPU Buton Selatan Temukan 1.111 Surat Suara Rusak

"Bedasarkan infomasi yang kami terima bahwa ada masyarakat yang hilang saat memancing. Kami berkoordinasi langsung dengan pemerintah Desa Windu Makmur," katanya.

Yusmar melanjutkan, setelah berkoordinasi dengan Kepala Desa Windu Makmur, berikutnya diarahkan untuk berkoordinasi dengan BPBD Buton Selatan dan Basarnas Baubau untuk dilakukan pencarian korban hilang di Teluk Lande.

Diketahui, tim gabungan BPBD Buton Selatan dan Basarnas Baubau sudah tiba di Desa Windu Makmur sejak pukul 01.00 Wita (dini hari) guna melakukan pencarian pada pagi hari di lokasi korban dinyatakan hilang.

Penulis: Ali Iskandar Majid

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga