KPU Buton Selatan Temukan 1.111 Surat Suara Rusak

Ali Iskandar Majid, telisik indonesia
Jumat, 12 Januari 2024
0 dilihat
KPU Buton Selatan Temukan 1.111 Surat Suara Rusak
Suasana pelipatan surat suara di gudang logistik pemilu, diawasi langsung Ketua KPU Buton Selatan. Foto: Ist.

" 1.111 surat suara pemilu 2024 ditemukan dalam keadaan rusak pada hari ke-5 pelipatan di gudang logistik KPU Buton Selatan "

BUTON SELATAN, TELISIK.ID - 1.111 surat suara pemilu 2024 ditemukan dalam keadaan rusak pada hari ke-5 pelipatan di gudang logistik KPU Buton Selatan, Sulawesi Tenggara, Kamis (11/1/2024).

Hal ini diungkapkan oleh Ketua KPU Buton Selatan, Hastun. Kerusakan yang ditemukan pada surat suara Pemilu 2024 terjadi pada beberapa jenis surat suara. Namun sejauh ini, kerusakan banyak ditemukan pada jenis surat suara DPRD Provinsi.

"Sebanyak 1.111 surat suara kategori rusak ditemukan pada beberapa jenis surat suara, rata-rata yang mendominasi jenis surat suara untuk DPRD Provinsi," ujar Hastun.

Kerusakan surat suara rata-rata sudah dalam kondisi sobek dan terkena cipratan tinta.

Poses pelipatan surat suara di gudang logistik pemilu Buton Selatan masih terus berlangsung. Meskipun suasana di dalam gudang terasa gerah, namun tidak menyurutkan semangat petugas dalam melipat surat suara. Hal tersebut mengindikasikan bahwa masyarakat sangat antusias menyambut pesta demokrasi yang akan segera datang.

Baca Juga: Warga di Muna Barat Dilibatkan dalam Penyortiran Surat Suara Pemilu 2024

Terlihat juga ketua KPU Buton Selatan hadir di gudang logistik pemilu, guna memantau dan memastikan jalannya pelipatan suara berlangsung secara transparan.

Hastun menambahkan bahwa pihak KPU Buton Selatan akan menghitung kembali jumlah kerusakan surat suara yang ditemukan di gudang logistik KPU Buton Selatan.

Nantinya setelah proses perhitungan jumlah surat suara yang rusak, akan diajukan kembali ke KPU pusat melalui KPU Provinsi Sulawesi Tenggara. Agar surat suara yang mengalami kerusakan tersebut diganti dengan yang layak pakai.

Sehingga dapat memenuhi kebutuhan surat suara Kabupaten Buton Selatan sebanyak 67.044 suara, sesuai jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Baca Juga: KPU Buton Selatan Sortir dan Lipat Surat Suara 7 Hari Kerja

Diketahui, pelipatan surat suara di gudang logistik pemilu Buton Selatan melibatkan 87 personel yang terbagi dalam 32 kelompok pelipatan surat suara.

Diharapkan dengan jumlah personel tersebut dapat memaksimalkan pelipatan surat suara menjadi 7 hari kerja, sebagaimana yang disampaikan oleh Ketua KPU Buton Selatan, Hastun pada hari pertama pelipatan surat suara.

"Kami mengupayakan 7 hari kerja untuk penyortiran dan pelipatan surat suara di gudang logistik, dari jadwal awal yang telah ditetapkan," ujar Hastun. (B)

Penulis: Ali Iskandar Majid

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga