PT Antam Berdayakan Ekonomi Masyarakat Sekitar Wilayah Operasi Tambang

Erni Yanti, telisik indonesia
Senin, 11 Desember 2023
0 dilihat
PT Antam Berdayakan Ekonomi Masyarakat Sekitar Wilayah Operasi Tambang
PT Antam meningkatkan kapasitas SDM dengan melaksanakan studi banding dan pelatihan pembibitan tanaman kehutanan. Foto: Ist.

" PT Aneka Tambang (Antam) Tbk berkomitmen meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) dalam rangka pemberdayaan ekonomi lokal di sekitar wilayah operasi tambang "

KENDARI, TELISIK.ID - PT Aneka Tambang (Antam) Tbk berkomitmen meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) dalam rangka pemberdayaan ekonomi lokal di sekitar wilayah operasi tambang.

Hal itu diwujudkan melalui pelatihan dan studi banding pertanian bersama Pemerintah Kecamatan Molawe dan Lasolo Kepulauan. Kemudian mengikuti pelatihan pemanfaatan lahan hutan dan eks lahan tambang dengan menggunakan tanaman minyak atsiri di Bali, mulai tanggal 1 sampai 3 November 2023.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Dewan Atsiri Indonesia (DAI) ini merupakan wadah agribisnis dan agroindustri yang memberikan tambahan pengetahuan dan wawasan pengelolaan lahan hutan dan eks lahan tambang berupa tanaman produktif tanaman minyak atsiri dan pengolahan minyak atsiri menjadi beberapa produk turunan antara lain parfum, minyak kayu putih, minyak telon.

Camat Molawe Kabupaten Konawe Utara, Bahrun, menyambut hangat kegiatan capacity building seperti ini dan berharap dapat diterapkan dalam pengembangan ekonomi berbasis sumberdaya lokal di sekitar wilayah operasi tambang Antam khususnya di Kecamatan Molawe dan Lasolo Kepulauan.

Camat Lasolo Kabupaten Konawe Utara, Hamrin, berharap ke depannya PT Antam akan terus bersinergi dengan pemerintah khususnya kecamatan dalam program serupa dapat memberikan manfaat kepada masyarakat di sekitar wilayah tambang.

Selanjutnya, VP ER & CSR Antam, Agustinus Toko Susetio menyampaikan bahwa Antam berupaya untuk melibatkan dan bersinergi dengan pemerintah dalam menjalankan program-program pemberdayaan masyarakat.

Baca Juga: Antam dan PWAT Peduli Kelompok Masyarakat Rentan

Program pelatihan ini diharapkan dapat menjadi awal dalam pengembangan ekonomi berbasis sumberdaya lokal, untuk meningkatkan pendapatan masyarakat di sekitar wilayah operasi Antam bersama dengan para stakeholder, Antam berharap dapat bersinergi dalam mewujudkan masyarakat yang sejahtera, mandiri, dan berkelanjutan.

Desa-desa di sekitar wilayah operasi pertambangan Antam memiliki potensi sumberdaya alam lainnya seperti potensi pertanian, peternakan, perikanan, perkebunan dan kehutanan yang dapat dioptimalkan pemanfaatannya dalam mewujudkan hal tersebut.

Kemudian pada tanggal 28-30 November 2023, Antam juga melakukan program peningkatan kapasitas SDM berupa studi banding dan pelatihan pembibitan tanaman kehutanan bagi masyarakat Desa Tapunopaka di Model Kampung Konservasi (MKK) Cisangku Bogor.

MKK Cisangku adalah salah satu kelompok masyarakat binaan PT Antam Tbk Unit Bisnis Pertambangan Emas Pongkor yang sudah berhasil mengembangkan beberapa usaha berbasis konservasi antara lain, ekowisata, pembibitan tanaman kehutanan, budidaya dan pengolahan kopi.  

Kegiatan tersebut diikuti oleh Kepala dan Sekretaris Desa Tapunopaka, Ketua Bumdes Tapunopaka, Ketua BPD Desa Tapunopaka, Ketuan LPM desa Tapunopaka dan Ketua Karang Taruna Desa tapunopaka.

Baca Juga: PT Antam Konawe Utara Bantu Korban Bencana Kemanusiaan di Palestina

Kepala Desa Tapunopaka, Basrun menyampaikan, dengan adanya pelatihan dan studi banding ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas masyarakat Desa Tapunopaka dalam memanfaatkan potensi desanya, khususnya dalam penyediaan bibit tanaman yang akan digunakan untuk melakukan reklamasi lahan bekas tambang.

VP ER & CSR PT Antam Tbk North Konawe Region menjelaskan bahwa dalam melaksanakan reklamasi lahan bekas tambang, terdapat beberapa kebutuhan yang bisa dipenuhi oleh masyarakat desa di sekitar wilayah operasi tambang seperti bibit, pupuk, coconet, dan tenaga kerja.

Dengan konsep pemberdayaan masyarakat dalam kegiatan reklamasi, diharapkan dapat meningkatkan pendapatan, membuka lapangan kerja dan peluang usaha bagi masyarakat lokal. (C-Adv)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga