adplus-dvertising

PT APS dan Sekjen DPR RI Bantah Ada Kebakaran di Gedung Nusantara I

Marwan Azis, telisik indonesia
Selasa, 29 September 2020
1130 dilihat
PT APS dan Sekjen DPR RI Bantah Ada Kebakaran di Gedung Nusantara I
Kondisi di depan lift lantai satu Nusantara I DPR RI saat terjadi kepulan asap. Foto: Ist.

" Tak ada kebakaran, itu di bawah ada bekas tumpukan kabel yang belum dipindahkan. Tumpukan kabel itu terkena percikan las. Jadi, keluar asap dari situ. "

JAKARTA, TELISIK.ID - Peristiwa munculnya kepulan asap di Gedung Nusantara 1 DPR RI pagi tadi, Selasa (29/9/2020) yang ramai diberitakan sebagai kebakaran, dibantah Sekjen DPR RI dan PT Angkasa Pura Persero (APS).

Sekjen DPR RI, Indra Iskandar membantah ada kebakaran di Gedung Nusantara I, Kompleks Parlemen.

Menurut Indra, kejadian sebenarnya yaitu adanya kepulan asap akibat tumpukan kabel yang terkena percikan alat pengelasan.


Dijelaskan, di salah satu lift di ruang basement terdapat tumpukan kabel bekas yang belum dipindahkan.

Akibat tumpukan kabel yang terkena percikan las, maka timbul asap karena memang kondisi lift dalam proses perbaikan.

Baca juga: Alumni PA 212 Minta Semua Stasiun TV Tayangkan Film G30S/PKI

“Tak ada kebakaran, itu di bawah ada bekas tumpukan kabel yang belum dipindahkan. Tumpukan kabel itu terkena percikan las. Jadi, keluar asap dari situ,” ujar dalam keterangannya di Jakarta.

Indra menuturkan, karena pengerjaan lift baru, maka otomatis menggunakan las. Ia menegaskan, kondisi saat ini di sekitar lokasi telah kembali kondusif.

“Jikalau karet kena percikan las kan langsung keluar asap. Kejadian itu di basement Nusantara I. Sekarang sudah kondusif,” ungkapnya.

Sementara itu, Project Manager PT Angkasa Pura Persero (APS) selaku Pelaksana Koordinator pembangunan lift di Gedung Nusantara I menyampaikan klarifikasi atas insiden yang terjadi. PT APS dalam konferensi persnya di hadapan awak media kembali menegaskan tidak ada kebakaran di Gedung DPR RI.

“Ada pun, penyebab kejadian sebenarnya adalah hanya tumpukan kabel di salah satu lift  basement yang terkena percikan alat pengelasan. Maka, timbul kepulan asap karena memang kondisi lift dalam proses perbaikan. Jadi, kami tegaskan tidak ada kebakaran,” tegasnya.

Reporter: Marwan Azis

Editor: Kardin

Baca Juga