Puding Jagung, Menu Buka Puasa Tradisional Muna Dipamerkan pada Istri Mendagri

Sunaryo, telisik indonesia
Rabu, 21 April 2021
0 dilihat
Puding Jagung, Menu Buka Puasa Tradisional Muna Dipamerkan pada Istri Mendagri
Ketua TP PKK Muna, Yanti Setiawati Rusman menampilkan menu buka puasa tradisional pada istri Mendagri secara virtual. Foto: Sunaryo/Telisik

" Kita modivikasi agar menarik untuk dinikmati. "

MUNA, TELISIK.ID - Pangan lokal Kabupaten Muna sudah terkenal hingga di pemerintah pusat. Tak ayal, Ketua Umum TP PKK, Tri Tito Karnavian, meminta Ketua TP PKK Muna, Yanti Setiawati Rusman Emba medemonstrasikan pengolahan pangan lokal menu buka puasa di ajang kegiatan virtual expo dan forum 2021, Indonesia Maju, Rabu (21/4/2021).

Kegiatan yang bertemakan membangun konsumsi masyarakat berbasis produk lokal itu, hanya diikuti Provinsi Jawa Timur, Kota Gorontalo, dan Kabupaten Muna. Masing-masing ketua TP PKK provinsi, kabupaten/kota pun memamerkan produk pangan lokalnya pada istri Mendagri, Tri Tito Karnavian.

Yanti menampilkan pengolahan menu buka puasa berbahan tradisional berupa puding jagung (pawu siram karamel). Dimana, jagung dihaluskan, lalu sarinya diambil dan dicampur dengan gula merah, telur, santan kelapa yang diadukan sekaligus lalu dimasak, dan dimasukan kedalam cetakan hingga mengeras.

"Kita modivikasi agar menarik untuk dinikmati," kata Yanti.  

Baca Juga: Warga Diminta Jangan Curi Start Mudik Lebaran

Menurut ibu satu anak itu, bahan dan pengolahan menu buka puasa itu tidak susah serta gampang didapat. Apalagi, jagung yang merupakan salah satu makanan pokok masyarakat Muna.  

"Menu yang kami tampilkan itu merupakan warisan leluhur yang terus dikonsumsi hingga kini oleh masyarakat," sebutnya.  

Yanti menambahkan, kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri dalam rangkaian memperingati hari Kartini ke-143 dengan tema peran perempuan dalam melestarikan makanan khas nusantara dengan memanfaatkan bahan lokal untuk mewujudkan ekonomi kuat dan keluarga sehat sejahtera. (B)

Reporter: Sunaryo

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga