adplus-dvertising

Pulau Pendek di Buton Dijual Online, Kemendagri Investigasi

Muhammad Israjab, telisik indonesia
Senin, 31 Agustus 2020
2306 dilihat
Pulau Pendek di Buton Dijual Online, Kemendagri Investigasi
Pulau Pendek yang sempat viral karena dijual pada situs belanja online. Foto: Repro Google.com

" Kondisi alam masih sangat alami dikelilingi oleh perairan yang jernih. Sangat potensial untuk dikembangkan menjadi tujuan wisata exclusive. "

JAKARTA, TELISIK.ID - Terungkapnya salah satu situs jual beli online yang menjual Pulau Pendek di Buton Sulawesi Tenggara (Sultra), membuat pemerintah pusat bereaksi.

Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan (Bina Adwil) Kementerian Dalam Negeri, Safrizal ZA merespons terkait dugaan jual beli Pulau Pendek di Buton secara online.

Kemendagri di bawah kepemimpinan Tito Karnavian telah mengirim tim untuk mengusut dugaan penjualan pulau di Buton.


Safrizal menegaskan bahwa seluruh pulau yang berada di wilayah Indonesia dilarang untuk diperjualbelikan menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku.

"Seluruh pulau enggak boleh (dijual)," tegas Safrizal dikutip dari CNNIndonesia.com, Senin (31/8/2020).

Dia mengungkapkan, pihaknya sampai saat ini masih melakukan pengecekan di lapangan terkait proses jual beli pulau tersebut.

Safrizal juga menyatakan sudah berkoordinasi dengan aparat berwenang setempat untuk mengecek kebenaran kabar tersebut.

"Iya sedang kami cek," tambahnya.

Pulau Pendek itu diketahui saat ini hanya dihuni oleh pasangan suami-istri lanjut usia. Keduanya mengaku sudah puluhan tahun tinggal di pulau tersebut.

Sebelumnya sempat viral situs belanja online mengunggah sedang menjual salah satu pulau di Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Baca juga: P3S: Telisik.id Media Online Terpopuler ke-3 di Indonesia

Postingan itu diunggah oleh pemilik profil dengan nama PULAU PENDEK BAU-BAU.

Pemilik akun memposting dengan menuliskan judul DIJUAL "PULAU PENDEK" NAN EKSOTIS. Tak tanggung-tanggung harga pulau itu dibanderol dengan harga Rp 36.500.

Selain itu dalam detailnya, tertulis luas pulau mencapai 2.200.000, sertifikasi lainnya (PPJB, Girik, Adat, dll) untuk alamatnya Desa Wakalambe, Kecamatan Kapontori, DATI II Buton.

Sedangkan untuk deskripsinya ditulis bahwa, dijual Pulau Pendek yang sangat cocok untuk dijadikan destinasi wisata atau resort.

"Kondisi alam masih sangat alami dikelilingi oleh perairan yang jernih. Sangat potensial untuk dikembangkan menjadi tujuan wisata exclusive," tulis akun tersebut.

Kemudian pemilik akun menambahkan bahwa Pulau Pendek relatif gampang dijangkau. Secara administratif, pulau ini masuk wilayah Kecamatan Kapontori.

Pulau Pendek dapat ditempuh menggunakan perahu motor atau speed boat berangkat dari dermaga di Desa Boneatiro, Kapontori dengan waktu tempuh 15 hingga 20 menit.

Desa Boneatiro berjarak sekitar 45 kilometer dari Bandara Betoambari di Kota Baubau, Provinsi Sulawesi Tenggara dengan jalan aspal mulus. Dari dermaga di Desa Boneatiro, keindahan Pulau Pendek sudah terlihat.

Ulasan mengenai Pulau Pendek dapat disaksikan di Youtube maupun ditelusuri di Google.

Peminat serius silahkan inbox. Harga jual yang tercantum per meter persegi.

Reporter: Muhammad Israjab

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga