Pungli Parkir di Indomaret Marak

Ahmad Badaruddin, telisik indonesia
Sabtu, 04 Februari 2023
0 dilihat
Pungli Parkir di Indomaret Marak
Baliho yang menuliskan parkir gratis di depan Indomaret namun sering diabaikan oleh tukang parkir. Foto: Ahmad Badaruddin/Telisik

" Meski telah tertera dengan jelas melalui baliho yang terpampang di depan outlet minimarket, faktanya praktik pungli oleh juru parkir liar masih kerap terjadi "

KENDARI, TELISIK.ID - Parkiran di salah satu minimarket terkenal di Indonesia yaitu Indomaret, seharusnya gratis. Namun kenyataannya, pungli parkir di beberapa cabang Indomaret di Kota Kendari masih marak terjadi.

Dilansir dari Detikfinance.com, Marketing Communication Executive Director PT Indomarco Prismatama, Bastari Akmal mengatakan, Indomaret tidak pernah memungut biaya parkir dan tidak pernah mempekerjakan petugas parkir.

"Pengaturan kawasan dan juru parkir adalah sepenuhnya kewenangan masing-masing pemerintah kabupaten/kota melalui Dinas Perhubungan (Dishub)," ujarnya, dikutip pada (3/2/2023).

Namun fakta di lapangan menunjukan hal yang berbeda. Meski telah tertera dengan jelas melalui baliho yang terpampang di depan outlet minimarket, faktanya praktik pungli juru parkir liar masih kerap terjadi, salah satunya di Indomaret Kemaraya.

Ketika diwawancarai Telisik.id, Oktarina salah satu karyawan Indomaret Kemaraya mengaku, penertiban juru parkir oleh pihak kepolisian kerap kali dilakukan namun pelaku tidak jera sama sekali.

Baca Juga: Warga Lebih Pilih Pantai Nambo Ketimbang Toronipa yang Marak Dugaan Pungli

"Sebenarnya sudah sering ditegur sama polisi, tapi kalau sudah satu minggu dua minggu, mereka datang lagi," tuturnya.

Kasus serupa juga terjadi di Indomaret Pierre Tendean sebagaimana yang diungkapkan oleh Hermawan, salah satu karyawan Indomaret Pierre Tendean.

"Kalau sudah didatangi polisi mereka pergi tapi tidak selang berapa lama datang lagi, baru mereka sering memaksa konsumen," tambah Hermawan.

Baca Juga: Inspektorat Kendari Kolaborasi Aparat Penegak Hukum Berantas Pungli

Praktik pungli ini mulai meresahkan masyarakat setempat karena para oknum juru parkir kadang melakukan pemaksaan para pengunjung minimarket.

"Kadang kita risih karena datang cuma mau beli minum, tiba-tiba ditagih parkir, atau cuma mau menarik uang, kena biaya parkir lagi, dan kadang mereka memaksa," ucap Lisna salah satu konsumen Indomaret Pierre Tendean.

Pihak Indomaret diminta lebih tegas lagi dalam melakukan penertiban para oknum juru parkir ilegal. (A)

Penulis : Ahmad Badaruddin

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga