Ratusan Nelayan Kendari Dapat Sarana dan Prasarana Perikanan

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Rabu, 16 November 2022
0 dilihat
Ratusan Nelayan Kendari Dapat Sarana dan Prasarana Perikanan
Simbolis penyerahan bantuan sarana dan prasarana bagi ratusan nelayan Kendari, di halaman kantor Dinas Perikanan Kota Kendari, Senin, (16/11/2022). Foto: Adinda Septia Putri/Telisik

" Sebagai salah satu kota pesisir di Provinsi Sulawesi Tenggara, Kota Kendari mempunyai potensi laut khususnya ikan yang cukup besar dan menjadi andalan perekonomian masyarakatnya selama ini "

KENDARI, TELISIK.ID – Sebagai salah satu kota pesisir di Provinsi Sulawesi Tenggara, Kota Kendari mempunyai potensi laut khususnya ikan yang cukup besar dan menjadi andalan perekonomian masyarakatnya selama ini.

Untuk memaksimalkan potensi tersebut, Dinas Perikanan Kota Kendari bersama beberapa stakeholder lain memberikan bantuan sarana dan prasarana bagi kurang lebih 800 nelayan yang ada di wilayahnya.

Kepala Dinas Perikanan Kota Kendari, Imran Ismail mengatakan bantuan tersebut meliputi tiga bagian, yaitu bidang perikanan tangkap, perikanan budidaya dan pengolahan perikanan.

Baca Juga: DPRD Sulawesi Tenggara Beber Anggaran PPPK Capai Rp 180 Miliar Tahun 2023

Pada bidang perikanan tangkap pihaknya memberi 47 paket bantuan, berupa kapal perahu, alat tangkap dan mesin perikanan. Adapun bidang perikanan budidaya diberikan delapan paket bantuan berupa bibit, pakan mandiri dan pakan alami. Juga bidang pengolahan yang diberi lima paket sarana cool storage, tempat pengemasan dan unit pengolahan ikan.

Stakeholder lain yang ikut berkontribusi dalam bantuan tersebut salah satunya yaitu Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang memberi mesin bahan bakar gas sebagai konversi dari mesin berbahan bakar minyak yang diberikan sebanyak 500 unit.

Adapun Dinas Pertanahan memberi sertifikat tanah bagi 100 nelayan yang mempunyai tanah kurang dari dua hektare di pesisir Kota Kendari, juga BPJS Ketenagakerjaan yang memberi tiga jaminan sosial kecelakaan kerja dan kematian untuk nelayan dan Bank Negara Indonesia (BNI) yang memberi Kartu Pelaku Usaha Kelautan dan Perikanan (Kusuka) kepada 100 nelayan.

Baca Juga: Dinas Cipta Karya Genjot SDM Konstruksi Berkualitas di Sulawesi Tenggara

Semua bantuan tersebut diserahkan secara langsung di halaman Kantor Dinas Perikanan yang dihadiri oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari beserta seluruh stakeholder pemberi bantuan dan puluhan perwakilan nelayan pada Rabu (16/11/2022).

Pj Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu mengakui potensi perikanan yang menurutnya bisa dijual ke kota-kota lain di sekitar Kota Kendari. Ia berharap, nelayan dan pelaku industri perikanan tidak hanya mengandalkan ikan dari laut saja, tapi juga dikembangkan melalui inovasi budidaya dengan kearifan lokal.

Seorang nelayan dari kelompok nelayan Bungkutoko yang sudah puluhan tahun melaut, Abdul Razak menjadi salah satu penerima bantuan mesin kapal berbahan bakar gas dan KUSUKA merasa senang dan berterimakasih atas bantuan yang ia terima. (A)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Kardin

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga