Realisasi APBD Buton Tengah 2020 Capai RP 641,45 Miliar

Mutarfin, telisik indonesia
Rabu, 23 Juni 2021
0 dilihat
Realisasi APBD Buton Tengah 2020 Capai RP 641,45 Miliar
Suasana penyerahan LPJ di DPRD Buteng. Foto: Mutarfin/Telisik

" Jumlah ini tercatat naik sebesar Rp 23 miliar atau 3,88 persen dibanding tahun anggaran 2019 yang mencapai Rp 617,48 miliar "

BUTON TENGAH, TELISIK.ID - Realisasi pendapatan APBD Kabupaten Buton Tengah (Buteng) tahun 2020, mencapai Rp 641,45 miliar atau 100,07 persen dari target sebesar 641,34 miliar.

Jumlah ini tercatat naik sebesar Rp 23 miliar atau 3,88 persen dibanding tahun anggaran 2019 yang mencapai Rp 617,48 miliar.

Hal itu disampaikan Bupati Buteng, H. Samahuddin saat rapat paripurna penyampaian Raperda tentang Pertanggung jawaban Pelaksanaan APBD 2020, di kantor DPRD Buteng, Rabu (23/6/2021).

Baca Juga: Tahapan Pilkades di Muna Terbentur Batas Usia Maksimal Calon

Ia menambahkan, pertanggung jawaban pelaksanaan APBD dilaporkan kepada DPRD berupa laporan realisasi anggaran, perubahan saldo anggaran lebih, neraca, laporan operasional, laporan arus kas, perubahan ekuitas, dan catatan atas laporan keuangan.

"Rapat paripurna dewan yang kami muliahkan. Laporan keuangan yang kami uraikan pada kesempatan berbahagia ini adalah laporan  perubahan ekuitas," katanya.

Kata dia, pertanggung jawaban APBD sebagai wujud dari pengelolaan keuangan daerah yang ditetapkan setiap tahun dengan Peraturan Daerah (Perda), dan dilaksanakan secara terbuka, dan bertanggung jawab untuk kemakmuran rakyat.

Orang nomor satu di Buteng ini juga menyampaikan terima kasihnya atas dukungan serta dorongan dan kerjasama yang baik dari sejumlah pihak.

Baca Juga: Musrenbang Kabupaten Butur, Ini Pesan Bupati

Sehingga Kabupaten Buton Tengah berhasil mendapatkan dan mempertahankan opini WTP keempat kalinya dari BPK atas pengelolaan keuangan dan aset tahun anggaran 2020.

Tentunya capaian positif ini harus terus ditingkatkan dan harus ditradisikan setiap tahunnya.

"Prestasi seperti yang harus kita pertahankan dan kalau bisa ditingkatkan lagi demi kemajuan daerah Buton Tengah," jelasnya. (B-Adv)

Reporter: Mutarfin

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga