Resmi Dilantik, Ini 3 Tugas Penting Pj Bupati Kolaka Utara

Erni Yanti, telisik indonesia
Kamis, 12 September 2024
0 dilihat
Resmi Dilantik, Ini 3 Tugas Penting Pj Bupati Kolaka Utara
Pj Bupati Kolaka Utara, Yusmin, resmi dilantik Pj Gubernur Sulawesi Tenggara Andap Budhi Revianto. Foto: Erni Yanti/Telisik

" Pj Gubernur Sulawesi Tenggara, Andap Budhi Revianto menekankan, ada beberapa atensi nasional yang harus dituntaskan yaitu pengendalian inflasi, penangan stunting dan penyelenggaraan Pilkada 2024 "

KENDARI, TELISIK.ID - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tenggara, Yusmin, dilantik menjadi Pj Bupati Kolaka Utara oleh Pj Gubernur Sulawesi Tenggara, Andap Budhi Revianto, Kamis (12/9/2024).

Berdasarkan pantauan telisik.id, prosesi pelantikan diawali dengan pengucapan sumpah janji jabatan kemudian dilanjutkan penandatanganan berita acara pelantikan.

Pelantikan dihadiri oleh Sekda Sulawesi Tenggara, Asrun Lio, Anggota DPRD Sulawesi Tenggara, Nursalam Lada dan Forkopimda Kolaka Utara.

Pelantikan tersebut berdasarkan keputusan Mendagri Nomor 100.2.1.3-3657 tahun 2024. Yusmin menggantikan Soekanto Toding yang telah berakhir masa jabatannya sebagai Pj Bupati Kolaka Utara pada 4 September 2024 lalu.

Pj Gubernur Sulawesi Tenggara, Andap Budhi Revianto menyampaikan, ada beberapa atensi nasional yang harus dituntaskan yaitu pengendalian inflasi, penangan stunting dan terkait penyelenggaraan Pilkada 2024.

Baca Juga: Resmi Jabat Pj Bupati Kolaka Utara, Segini Harta Kekayaan Yusmin

"Yang tidak kalah penting adalah 76 hari lagi kita akan laksanakan pemungutan suara, tentu harus dicek apa sih tugas pemerintah kabupaten itu, uang untuk mendukung penyelenggaraan sudah ada belum," kata Andap.

Sehingga kata Andap, penyelenggara, pengawasan, pengamanan tidak terkendala dengan masalah dukungan anggaran. Selain itu juga fasilitas kantor yang akan dijadikan tempat logistik pemilu.

"Saya sudah sampaikan kepada pejabat yang baru, segera konsolidasi, diskusi dengan KPU, Bawaslu termasuk juga TNI Polri, bagaimana menyikapi apabila daerah kita terdapat di daerah 3T bagaiman distribusi logistiknya," jelas Andap.

Ia berharap pelaksanaan pilkada berjalan aman, damai dan kondusif sebagai prasyarat pembangunan nasional khususnya di Kolaka Utara dan Sulawesi Tenggara secara umum.

Sementara Pj Bupati Kolaka Utara, Yusmin mengatakan, akan menjalankan arahan Pj Gubernur Sulawesi Tenggara yang juga merupakan atensi nasional terkait penanganan stunting, pengendalian inflasi dan penyelenggaraan pemilu.

Baca Juga: Yusmin Jabat Pj Bupati Kolaka Utara Gantikan Sukanto Toding

"Saya menyimak apa yang menjadi pesan dan arahan untuk kita jalankan dengan baik, soal pelaksanaan pilkada, kita pemerintah tentu memfasilitasi dan menjaga netralitas," ungkapnya usai dilantik.

Ia menegaskan, terkait netralitas ASN, akan terus dijaga dan akan mengimbau seluruh ASN di Kolaka Utara.

"Kita harus netral, kalau saya tidak netral maka saya akan mengundurkan diri, begitu juga dengan semua ASN di Kolaka Utara," ungkapnya. (B)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga