adplus-dvertising

Resmi Jadi Kepala IKN Nusantara, Ini Target Bambang Susantono

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 10 Maret 2022
750 dilihat
Resmi Jadi Kepala IKN Nusantara, Ini Target Bambang Susantono
Bambang Susantono (kiri) dilantik sebagai Kepala Otorita IKN dan Dhony Rahajoe (kanan) akan dilantik menjadi Wakil Kepala Otorita IKN. Foto: Tangkapan Layar YouTube Sekretariat Presiden

" Membangun kota itu bukan hanya sekedar membangun secara fisik, akan tetapi juga bagaimana membangun interaksi sosial masyarakatnya, bagaimana membangun kerekatan sosial "

JAKARTA, TELISIK.ID - Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) melantik Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) dan Wakil Kepala Otorita IKN, Kamis (10/3/2022).

Dilansir dari website Setkab, Bambang Susantono dilantik sebagai Kepala Otorita IKN. Sedangkan Dhony Rahajoe akan dilantik menjadi Wakil Kepala Otorita IKN.

Selain itu Presiden juga akan melantik Andi Sudirman Sulaiman sebagai Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Sisa Masa Jabatan Tahun 2022-2023.


Melansir Suara.com - jaringan Telisik.id, usai dilantik Kepala Otorita IKN Nusantara, Bambang mengatakan perlu sekitar 20 tahun untuk bisa membangun kota dengan baik.

Dimana kata Bambang, kalau waktu tersebut cukup untuk membangun kota yang memang memiliki roh atau soul of the city.

"Untuk membangun kota dengan baik tentu memerlukan waktu 15-20 tahun biasanya sehingga kota itu benar-benar mempunyai roh atau soul of the city," kata Bambang di Istana Negara, Kamis.

Bambang menuturkan, membangun kota itu bukan hanya sekedar membangun secara fisik, akan tetapi juga bagaimana membangun interaksi sosial masyarakatnya, bagaimana membangun kerekatan sosial.

Baca Juga: Jokowi Lantik Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara Hari Ini

Selain itu, pembangunan kota juga harus sesuai dengan tujuan di mana bisa menjadi daerah yang layak huni dan humanis.

Mengenai IKN Nusantara sendiri, Bambang beserta Wakil Kepala Otorita, Dhony Raharjo diberikan amanah untuk membangunnya menjadi kota yang inklusif. Di mana ibu kota anyar nantinya bisa menjadi wilayah yang cerdas, berkelanjutan dan hijau.

"Jadi, kata-kata ini semua terangkum dalam kesatuan di mana kota tersebut dibangun untuk semua kalangan, a city for all, istilahnya karena itu sifatnya inklusif," tuturnya.

Karena sudah mendapatkan amanah, maka baik Bambang dan Dhony akan langsung berkoordinasi dengan seluruh kementerian dan lembaga terkait khususnya Bappenas yang sudah mengurus soal IKN Nusantara sejak 2017.

Baca Juga: Jabat Kepala Otorita IKN, Ini Profil Bambang Susantono

Sebelum memulai kerjanya, Bambang meminta dukungan dari seluruh pihak maupun masyarakat luas supaya upaya pembangunan IKN Nusantara bisa dilakukan sesuai dengan harapannya.

"Karena kota ini adalah kota yang merefleksikan kenusantaraan, kekitaan semua tentu dengan kearifan lokal yang sangat tinggi sesuai lokasi yang berada di Kaltim," jelasnya.

"Untuk itu kami mohon dukungan semua lapisan masyarakat untuk sama-sama kita membangun kota Nusantara sehingga menjadi kota yang inklusif hijau cerdas dan berkelanjutan." (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga