Respon Pasca Peluncuran Aplikasi Simpati di Kabupaten Konawe

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Rabu, 28 Desember 2022
0 dilihat
Respon Pasca Peluncuran Aplikasi Simpati di Kabupaten Konawe
Kepala Perum Bulog Konawe mengapresiasi peluncuran aplikasi Simpati di Kabupaten Konawe. Foto: Ist.

" Aplikasi Simpati sangat berguna bagi Bulog untuk memonitor dan mengontrol harga beras di pasaran "

KONAWE, TELISIK.ID – Setelah dua pekan, peluncuran aplikasi sistem informasi pangan terintegrasi (Simpati) pada Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Konawe, menunai apresiasi.

Aplikasi ini digagas oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan Konawe, Abd. Hasim, saat menjadi peserta Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Angkatan VI dan VII tahun 2022 pada Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Sulawesi Tenggara.

Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) Konawe mengapresiasi peluncuran aplikasi Simpati pada Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Konawe.

Kepala Perum Bulog Unaaha, Yusran mengatakan, aplikasi Simpati sangat berguna bagi Bulog untuk memonitor dan mengontrol harga beras di pasaran.

“Inovasi yang dilakukan Kepala Dinas Ketahanan Pangan sangat membantu kami (Bulog) dalam mengontrol harga sembako khususnya beras di pasaran,” kata Yusran.

Menurut Yusran, dengan aplikasi Simpati, pihaknya bisa tahu berapa harga eceran tertinggi beras di pasar maupun di penggilingan.

Baca Juga: Hibah Rp 300 Juta Dukung Kerukunan Beragama di Muna Barat

“Di aplikasi ini bisa terbaca berapa harga dan stok setiap hari. Jadi kalau ada yang menjual di atas HET maka kami bisa melakukan tindakan dengan melaksanakan operasi pasar,” tuturnya.

Ia juga mengatakan, selain Bulog, fitur ini juga sangat bermanfaat bagi masyarakat. Konsumen dapat mengecek harga beras dari masing-masing pedagang dan penggilingan yang ada di aplikasi ini

"Pilihan ini bisa dimanfaatkan oleh pembeli untuk melakukan transaksi dengan penjual secara langsung. Apalagi, di aplikasi ini juga disediakan nomor telepon pedagang beras,” tutupnya.

Sementara itu salah satu warga Konawe, Asrul menuturkan, aplikasi Simpati sangat bagus dan memiliki banyak manfaat karena konsumen bisa memesan secara langsung barang yang ingin dibeli.

"Namun pasca launching, tidak ada sosialisasi kepada masyarakat Konawe tentang aplikasi ini," tambahnya.

Ia berharap Pemda Konawe dapat mensosialisasikan aplikasi Simpati kepada masyarakat Konawe secara menyeluruh.

Diberitakan sebelumnya, Sekda Konawe, Ferdinand Sapan menjelaskan, dengan memaksimalkan fungsi aplikasi tersebut, akan memberikan dampak positif terhadap pelayanan kepada masyarakat khususnya yang berkaitan dengan pangan.

Baca Juga: Kementerian Kelautan dan Perikanan Hentikan Pembangunan Pasar Ikan di Muna

Ia juga mendorong agar semua pihak mendukung kehadiran aplikasi ini, terutama para penyuluh pertanian dan UPT, dimana mereka yang punya tugas  untuk melakukan penginputan data ke dalam aplikasi ini.

"Percuma aplikasi ini ada kalau tidak diinput datanya dengan benar. Karena basis data itu adalah inputannya, kalau inputannya salah maka itu bukan data,” tambahnya.

Ferdinand berharap kehadiran aplikasi ini dapat berfungsi secara maksimal. Selain sebagai wadah literasi masyarakat juga menjadi intermediasi stakeholder. (B-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga