KPU Jawa Timur Beri Pendidikan Politik Kader Desa Melek Pemilu 2024

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Selasa, 22 November 2022
0 dilihat
KPU Jawa Timur Beri Pendidikan Politik Kader Desa Melek Pemilu 2024
Kader desa mengikuti pendidikan politik KPU Jatim dengan harapan bisa memberikan politik bagi warga di desa terkait Pemilu 2024 mendatang. Foto: Ist.

" Pendidikan politik tersebut sebagai tindak lanjut dibentuknya kader DP3 (Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan) di sejumlah daerah di Jawa Timur, salah satunya di Sidoarjo "

SURABAYA, TELISIK.ID - KPU Jawa Timur memberikan pendidikan politik kepada para kader desa di Jawa Timur agar melek Pemilu 2024.

Komisioner KPU Jatim Divisi Sosdiklih dan Parmas, Gogot Cahyo Baskoro  mengatakan, pendidikan politik tersebut sebagai tindak lanjut dibentuknya kader DP3 (Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan) di sejumlah daerah di Jawa Timur, salah satunya di Sidoarjo.

“Harapan kita dengan melaksanakan pendidikan politik ini, sebagai bentuk komitmen bahwa agenda DP3 berkelanjutan, agenda nasional, pilot project atau percontohan bagi desa/kelurahan lainnya terkait agen-agen pemilu dan pemilihan. Dan KPU akan terus melakukan pendampingan terhadap kader DP3 ini,” katanya, Selasa (22/11/2022).

Selanjutnya, kata Gogot, kegiatan tersebut untuk memastikan agar kader DP3 benar-benar siap ketika terjun ke masyarakat.

Baca Juga: Puluhan Pejabat Buton Tengah Kembali Dirombak

“Karena tujuan akhir kita adalah terbentuknya agen-agen sosialisasi KPU. Kawan-kawan sebagai kader DP3 mampu menyampaikan informasi kepemiluan kepada orang-orang terdekat seperti keluarga, teman, tetangga, dan komunitasnya untuk menggunakan hak pilihnya,” jelas Komisioner KPU Jatim yang sudah menjabat dua periode ini.

Sehingga, lanjut Gogot, tingkat partisipasi pemilih yang tinggi di Desa Bakung Pringgodani diiringi dengan kualitas pemilihnya.

Baca Juga: Cuma 60 Perusahaan di Jawa Timur Pekerjakan Penyandang Disabilitas

“Masyarakat di desa memilih bukan karena pertimbangan pragmatis dan pertimbangan yang tidak rasional, tapi memilih dengan melihat rekam jejak, kapasitas serta program-program yang dimiliki oleh calon pemimpin yang akan dipilih,” tutupnya.

Sedangkan Camat Balongbendo, Ahmad Farhan berharap dengan keberadaan kader DP3 di Kecamatan Balongbendo yang wilayahnya berada di paling ujung barat Sidoarjo, di mana berbatasan langsung dengan Mojokerto dan Gresik, dapat menambah jumlah pemilih aktif dan rasional dalam pemilu dan pemilihan 2024.

“Kami berharap adanya kader DP3 ini dapat memperlancar penyelenggaraan pemilu dan pemilihan 2024. Di sisi lain juga dapat mengurangi money politics/serangan fajar,” tegasnya. (B)

Penulis: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga