Reuni Akbar D-III Teknik Sipil UHO Jadi Momentum Penguatan Kapasitas Institusi

Andi Irna Fitriani, telisik indonesia
Minggu, 27 Februari 2022
0 dilihat
Reuni Akbar D-III Teknik Sipil UHO Jadi Momentum Penguatan Kapasitas Institusi
Foto bersama saat malam puncak reuni akbar D-III Teknik Sipil UHO Kendari dengan tema bersatu, rukun, kini dan nanti. Foto: Andi Irna Fitriani/Telisik

" Dalam kurun waktu 28 tahun sejak tahun 1993, perkembangan Teknik sangat luar biasa, sudah banyak sekali alumni yang berhasil "

KENDARI, TELISIK.ID – Reuni akbar menjadi momentum yang bisa menguatkan kembali hubungan-hubungan yang sudah pernah terjalin, sehingga bisa menguatkan kapasitas institusi di masa kini maupun di masa yang akan datang.

Hal itu diungkapkan Rektor Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Prof Muhammad Zamrun Firihu yang diwakili oleh Wakil Rektor III Nur Arafah, saat menghadiri malam puncak reuni akbar D-III Teknik Sipil UHO dengan tema bersatu, rukun, kini dan nanti, Sabtu (26/2/2022).

Ia menyampaikan, dalam kurun waktu 28 tahun sejak tahun 1993, perkembangan Teknik sangat luar biasa, sudah banyak sekali alumni yang berhasil.

"Persentase keberhasilan mereka itu sangat tinggi," ucapnya.

Reuni akbar itu kata dia, tentu akan membantu pihak UHO Kendari untuk melakukan penelusuran alumni dalam perbaikan akreditasi institusi dan prodi, khususnya D-III Teknik Sipil.

Pihaknya berharap bisa terus bersinergi dengan para alumni, serta hubungan bisa lebih erat. Kemudian para alumni juga bisa membantu UHO dalam pengembangan mutu instusi.

"Jadi dari para alumni ini, apa yang dibutuhkan di lapangan kerja, tentu mereka bisa memberikan masukan kepada kita ," ungkapnya.

Sementara Ketua Ikatan Keluarga Alumni (IKA) D-III Teknik Sipil UHO Kendari, Eddy Nurdin mengatakan, reuni akbar tersebut sebagai ajang silaturahmi dan ketemuan bersama teman-teman untuk saling kenal dari angkatan 1993 hingga angkatan 2018.

"Makanya agenda acara yang formal itu hanya beberapa jam saja, intinya teman-teman mau senang-senang dulu lah," katanya.

Baca Juga: Heboh Soal Aturan Pengeras Suara Masjid, Begini Tanggapan Rektor IAIN Kendari

Dengan terlaksananya reuni akbar itu, ia berharap bisa membangun ekosistem, di mana alumni-alumni D-III Teknik Sipil sudah tersebar, baik di level pemerintahan maupun di sektor swasta dan menempati posisi-posisi strategis.

"Nah ini yang kita mau bangun, ekosistemnya itu. Bagaimana supaya antara junior dengan senior selain saling mengenal, ada semacam simbiosis mutualisme di dalamnya," ungkapnya.

Lanjut kata dia, misalnya dirinya dari sektor swasta yaitu kontraktor yang sedang membutuhkan karyawan dan spesifikasinya kebetulan ada pada alumni Teknik Sipil yang baru lulus, ia mengaku akan mengutamakan alumni tersebut.

"Jadi saya tidak perlu cari lagi, saya utamakan yang saya punya alumni dulu," ucapnya.

Sementara itu, ketua panitia Fidarso mengungkapkan, kegiatan itu sebenarnya direncanakan sejak tahun 2018 dan akan dilaksanakan pada tahun 2019, akan tetapi terkendala pandemi COVID-19 dan akhirnya baru terlaksana di tahun 2022.

Baca Juga: KONI Sultra Siap Bantu ISSI Ciptakan Atlet Sepeda Berprestasi

"Artinya bahwa semangatnya kita masih sama, bahwa reuni ini untuk merekatkan lagi kembali senior-senior dari angkatan 1993 sampai 2018," ungkapnya.

Ia berharap dengan terlaksananya reuni akbar itu bisa semakin meningkatkan solidaritas seperti jargon Teknik, satu untuk semua, semua untuk satu.

"Solidaritas Teknik itu tidak pernah luntur sampai hari ini, itu yang akan terus kami tumbuhkan bahwa kita masih satu," ujarnya.

Lanjut ia mengatakan, momentum tersebut akan merekatkan kembali silaturahmi yang sudah lama terjalin menjadi lebih di intim lagi. (A-Adv)

Reporter: Andi Irna Fitriani

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga