RS Jantung, Perpustakaan Modern dan Jalan Kendari Toronipa Akan Diresmikan Presiden Joko Widodo

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Rabu, 21 Juni 2023
0 dilihat
RS Jantung, Perpustakaan Modern dan Jalan Kendari Toronipa Akan Diresmikan Presiden Joko Widodo
RS Jantung dan Pembuluh Darah akan diresmikan Presiden Joko Widodo. Diharapkan RS ini dapat memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas dan terjangkau bagi masyarakat. Foto: Dok. Telisik.id

" Pembangunan RS Jantung dan Pembuluh Darah Provinsi Sulawesi Tenggara telah rampung dan rencananya akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo "

KENDARI, TELISIK.ID - Pembangunan RS Jantung dan Pembuluh Darah Provinsi Sulawesi Tenggara, telah rampung dan akan segera diresmikan. Mega proyek di bawah kepemimpinan Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi dan Lukman Abunawas itu rencananya akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sulawesi Tenggara, J Robert menuturkan, Presiden Jokowi akan meresmikan jalan Kendari-Toronipa, Perpustakaan Modern, dan RS Jantung yang rencananya akan dilakukan bersamaan.

“Sekarang sementara proses untuk peresmian, sebelum masa jabatan Pak Gubernur berakhir,” ujar Robert.

Progres pembangunan Rumah Sakit Jantung sudah seratus persen, proses yang sedang dikejar adalah RS Jantung, dimana sebelum 30 Juni 2023 terkait hal kewajiban pemda.

"Kelengkapan maupun konstruksi bangunan itu sudah rampung, InsyaAllah," tambahnya.

Baca Juga: DPRD Sulawesi Tenggara Dorong Rumah Sakit Jantung Oputa Yi Koo Segera Dioperasikan

Karena pertanggungjawaban dana RS Jantung berasal dari pinjaman yang berasal dari PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) dimana closing program pencairan adalah 2 Juli 2023.

Selain ikut mendanai pembangunan RS Jantung, PT SMI juga memonitor perkembangan dari sejumlah proyek seperti jalan Kendari-Toronipa sepanjang 14,6 kilometer yang menggunakan aspal beton.

"Kita berharap paling lambat Rabu, semua yang termasuk dalam kewajiban pemerintah kita usahakan selesai," tuturnya.

Gedung Perpustakaan Modern dan jalan Kendari-Toronipa bakal diresmikan Presiden Joko Widodo. Foto: Kolase

 

Kelengkapan bangunan untuk saat ini melalui penganggaran APBD murni termasuk kekurangan-kekurangan pembiayaan termasuk bangunan penunjang operasional.

Melansir Ptsmi.co.id, RS Jantung Kendari berada di Jalan DR Sam Ratulangi Nomor 151, Kelurahan Kemaraya, Kecamatan Kendari Barat, Kota Kendari.

Rumah sakit ini merupakan rumah sakit khusus jantung dan pembuluh darah yang pertama di Sulawesi Tenggara. Pemprov sendiri tengah berupaya melakukan optimilisasi pelayanan kesehatan bagi masyarakat Sulawesi Tenggara.

Pembangunan rumah sakit ini terdiri dari 16 lantai dengan luas bangunan 45.153 m2. Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara menetapkan jumlah ketersediaan tempat tidur (TT) untuk rencana Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah.

Baca Juga: OPAC Teknologi Terbaru Perpustakaan Modern Hadir di Sulawesi Tenggara

Berdasarkan proyeksi permintaan adalah 315 TT dengan pembagian kelas dimulai dari kelas III sampai dengan VVIP dengan tipe rumah sakit khusus. Berdasarkan Permenkes Nomor 3 Tahun 2020 tentang Klasifikasi Rumah Sakit, Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara menetapkan Rumah Sakit Khusus Jantung dan Pembuluh Darah adalah Tipe A.

Pembangunan rumah sakit ini diharapkan dapat memberikan manfaat dan memberikan peran sebagai pusat pengobatan masyarakat serta dapat digunakan sebagai rumah sakit rujukan untuk daerah di Provinsi Sulawesi Tenggara, bahkan untuk daerah di luar Sulawesi Tenggara, seperti Provinsi Sulawesi Selatan dan Provinsi Sulawesi Tengah.

Dengan adanya rumah sakit ini, diharapkan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara dapat memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas dan terjangkau bagi masyarakat khususnya di provinsi tersebut. (B-Adv)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga