OPAC Teknologi Terbaru Perpustakaan Modern Hadir di Sulawesi Tenggara

Muhammad Adhiatma Hidayat , telisik indonesia
Selasa, 17 Januari 2023
0 dilihat
OPAC Teknologi Terbaru Perpustakaan Modern Hadir di Sulawesi Tenggara
Tempat pelayanan OPAC yang terletak pada lantai 1 (lobi pintu masuk) perpustakaan modern Sulawesi Tenggara. Foto: Muhammad Adhiatma Hidayat/Telisik

" OPAC merupakan teknologi terbaru yang saat ini diterapkan di Perpustakaan Modern Sulawesi Tenggara dengan didukung oleh sistem bernama Inlislite (Integrated Library System) "

KENDARI, TELISIK.ID - Perpustakaan Modern Sulawesi Tenggara yang berada di Jalan Sao-Sao, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, telah menerapkan sebuah teknologi terbaru untuk pengunjung.

Perpustakaan yang mulai beroperasi sejak Maret 2022 lalu tersebut masih dalam tahap pelayanan terbatas. Saat ini telah mengembangkan sebuah teknologi yang bernama OPAC (Online Public Access Catalog).

OPAC merupakan teknologi terbaru yang saat ini diterapkan di Perpustakaan Modern Sulawesi Tenggara dengan didukung oleh sistem bernama Inlislite (Integrated Library System).

Menurut Rahman, staf perpustakaan modern Sulawesi Tenggara, Inlislite merupakan sistem yang mendukung segala bentuk teknologi yang ada di Perpustakaan Modern ini.

"Inlislite ini sendiri mengelola OPAC, pendaftaran anggota perpustakaan, pengolahan buku dan sirkulasi, jadi semua itu terintegrasi ke dalam sistem yang bernama Inlisliste ini," ujar Rahman.

Ia lalu menambahkan bahwa OPAC ini dapat mengetahui jika buku yang sedang dicari oleh pengunjung masih tersedia ataupun masih dipinjam oleh pengunjung lain.

Baca Juga: Perpustakaan Modern Sulawesi Tenggara dalam Pusaran Game Online

"Misalnya ada pengunjung mencari buku, nanti di OPAC ini akan diberitahu kalau buku tersebut masih dipinjam," tambahnya.

OPAC sendiri sudah mulai beroperasi sejak 2019 lalu. Teknologi ini sendiri berguna untuk memudahkan para pengunjung yang ingin mencari buku agar menjadi lebih mudah dibandingkan dengan mencari secara manual.

"Misalnya ingin mencari buku tapi pengunjung hanya mengetahui judul dari buku tersebut, setelah dimasukkan kata kuncinya akan muncul nanti buku yang berhubungan dengan buku yang ingin dicari tersebut," lanjutnya.

OPAC berada di lantai 1 perpustakaan atau di lobi pintu masuk perpustakaan dimana disana pengunjug bisa memasukkan kata kunci buku yang ingin dicari pada komputer yang telah disediakan di sana.

Keterangan lebih lanjut disampaikan oleh Herlina selaku koordinator pelayanan perpustakaan.

"Dengan OPAC kita bisa menelusuri semua koleksi buku yang ada di perpustakaan, yang dimiliki oleh perpustakaan," ujar Herlina Senin (16/1/2023).

Baca Juga: Kontrak Pembangunan Perpustakaan Modern di Muna Diperpanjang

"Selain itu dengan mengakses OPAC, kita akan tahu buku yang akan dicari itu berada dimana, lantai berapa dan nomor berapa, seperti itu," tambahnya.

Selanjutnya Herlina mengatakan bahwa OPAC merupakan sarana temu kembali koleksi perpustakaan yang dimiliki.

"Jadi semua buku dan yang lainnya itu kita catat deskripsinya dalam OPAC supaya pustakawan yang mencari buku itu dapat mengetahui apa buku yang sedang dicari itu tersedia atau tidak," lanjutnya. (B)

Penulis: Muhammad Adhiatma Hidayat

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga