DPRD Sulawesi Tenggara Dorong Rumah Sakit Jantung Oputa Yi Koo Segera Dioperasikan

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Senin, 08 Mei 2023
0 dilihat
DPRD Sulawesi Tenggara Dorong Rumah Sakit Jantung Oputa Yi Koo Segera Dioperasikan
DPRD Sulawesi Tenggara mendorong percepatan pengoperasian RS Jantung Oputa Yi Koo. Foto: Dok. Telisik

" Rumah Sakit Jantung Oputa Yi Koo yang merupakan mega proyek Pemerintahan Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi bersama Wakilnya, Lukman Abunawas telah selesai dibangun dan akan segera dioperasikan "

KENDARI, TELISIK.ID - Rumah Sakit Jantung Oputa Yi Koo yang merupakan mega proyek Pemerintahan Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi bersama Wakilnya, Lukman Abunawas telah selesai dibangun dan akan segera dioperasikan.

Rumah sakit setinggi 17 lantai tersebut pun mendapat banyak dukungan agar segera dioperasikan, salah satunya dari DPRD Sulawesi Tenggara.

Ketua Komisi IV DPRD Sulawesi Tenggara, Sulaeha Sanusi mendorong percepatan pengoperasian Rumah Sakit Jantung Oputa Yi Koo itu. Belum lama, pihaknya sudah memantau langsung mega proyek tersebut.

Baca Juga: Ratusan Tenaga Medis Kepung DPRD Sulawesi Tenggara Tolak RUU Kesehatan

Menurut Sulaeha, progres pembangunan Rumah Sakit Jantung tersebut sudah mencapai 85 persen untuk empat lantai, sedangkan lantai lainnya belum dapat difungsikan.

Rumah Sakit Jantung Oputa Yi Koo selesai dibangun. Foto: Jay/Telisik

 

“Informasi yang kami terima, itu rencananya akan diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia di bulan enam tahun ini, tapi ada beberapa yang masih perlu difinishing lah,” ujar Sulaeha baru-baru ini.

Sejauh ini kata dia, pihaknya melihat alat-alat kesehatan di Rumah Sakit Jantung Oputa Yi Koo sudah siap menunjang operasional walaupun belum terpasang. Agar dapat segera melayani pasien maka membutuhkan sumber daya manusia yang mengoperasikan rumah sakit.

Soal operasional itu, DPRD masih menjadwalkan untuk rapat kerja bersama Dinas Kesehatan Sulawesi Tenggara. Salah satu yang jadi poin pembahasan dalam rapat kerja itu adalah perekrutan tenaga kontrak, tapi pembahasannya tidak segera tuntas karena tiba-tiba ada pergantian Direktur Rumah Sakit Jantung, Pembuluh Darah dan Otak Oputa Yi Koo.

Kendati demikian, Sulaeha Sanusi mengatakan, Komisi IV sebagai mitra kerja Dinas Kesehatan Sulawesi Tenggara terus mendorong agar persiapan pengoperasian rumah sakit dan lain sebagainya segera tuntas.

Bahkan Komisi IV DPRD Sulawesi Tenggara juga sudah bersiap untuk membicarakan kebutuhan anggaran operasional rumah sakit tersebut melalui pembahasan APBD Perubahan 2023 ini.

“Rumah sakit ini bisa segera dioperasikan itu harapan kami Komisi IV, bisa melayani pasien-pasien dari dalam maupun dari luar Sulawesi Tenggara,” kata Sulaeha.

Sebelumnya, Gubernur Provinsi Sulawesi Tenggara, Ali Mazi telah melakukan peninjauan Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Oputa Yi Koo yang dinyatakan selesai. Peninjauan gubernur dilakukan pada Selasa (14/2/2023) lalu.

Pengecekan dilakukan Gubernur Ali Mazi tidak hanya pada pekerjaan yang dinyatakan selesai, tapi juga pada beberapa fasilitas gedung yang dinyatakan hampir rampung. Ali Mazi kemudian menginstruksikan beberapa bagian yang dianggap selesai agar benar-benar dirapikan. Hal lainnya yang harus lebih diutamakan yakni soal kebersihan.

Selain itu, menjadi perhatian orang nomor wahid di Bumi Anoa ini adalah soal efisiensi pintu, jalur dan lain-lain agar mempermudah akses RS Jantung yang nantinya akan serba cepat dalam penanganan pasien. Ali Mazi berharap agar beberapa bukaan pintu lebih efesien dan nantinya tidak menjadi penghambat pergerakan perawat dan dokter.

Baca Juga: Ketua DPRD Sulawesi Tenggara Abdurrahman Shaleh Sebut Sulawesi Tenggara Berkembang Berkat Pendahulu

Ali Mazi juga memastikan rancangan gedung yang sebelumnya melalui gambar saja sengaja dibuat agar akses jalan lebih luas dan tidak saling menghambat nantinya dengan aktivitas lainnya.

Selain kebersihan yang akan menjadi faktor paling penting, Ali Mazi juga menginstruksikan agar segera menyiapkan taman sesuai gambar.

Sampai saat ini untuk peresmian Rumah Sakit Jantung Oputa Yi Koo masih dikoordinasikan, karena rencananya akan diresmikan langsung Presiden Joko Widodo.

Peresmian nantinya sekaligus tiga program unggulan yakni RS Jantung, Jalan Wisata Kendari-Toronipa dan perpustakaan bertaraf internasional. (B-Adv)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga