RS Raha jadi RS Rujukan Pasien COVID-19 Asal Mubar dan Buteng

Sunaryo, telisik indonesia
Sabtu, 28 Maret 2020
0 dilihat
RS Raha jadi RS Rujukan Pasien COVID-19 Asal Mubar dan Buteng
RS Raha yang dijadikan RS rujukan pasien COVID-19. Foto : Naryo/Telisik

" Pak gub sudah menetapkan RS Raha sebagai RS rujukan untuk menangani pasien dari Muna Barat (Mubar) dan Buton Tengah (Buteng). "

MUNA, TELISIK.ID - Maraknya penyebaran COVID-19, membuat pemerintah menyiapkan fasilitas kesehatan untuk menangani pasien yang terinfeksi. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra misalnya, menetapkan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Rumah Sakit (RS) Raha sebagai RS rujukan pasien virus yang mematikan itu. 

"Pak gub sudah menetapkan RS Raha sebagai RS rujukan untuk menangani pasien dari Muna Barat (Mubar) dan Buton Tengah (Buteng)," kata Pj Sekda Muna, Muhamad Djudul.

Baca juga: https://telisik.id/news/50-set-apd-tiba-di-muna 

Pemkab sendiri saat ini tengah menyiapkan segala fasilitasnya. Untuk ruang isolasi disiapkan 12 kamar pada bangunan baru. Kemudian, Alat Pelindung Diri (APD) bagi para medis, selain telah diadakan oleh pihak RS,  juga tengah menunggu bantuan dari Pemprov. 

"Dalam waktu dekat APD akan dikirim, termasuk alat pendeteksi virus COVID," ungkapnya. 

Mantan Sekretaris Kota Baubau itu juga telah berkoordinasi dengan Sekda Mubar dan Buteng terkait penanganan bila ada pasien yang terinfeksi COVID-19.

 "Akan ada pertemuan antara masing-masing kadinkes dan direktur RS," sebutnya. 

Nantinya, dua daerah itu harus melalui prosedur bila ingin merujuk pasien. Contohnya, bila ada Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dari puskesmas, tidak langsung di rujuk ke RS Raha. Namun, harus melalui RS setempat. 

"PDP itu tidak semuanya harus dirujuk, karena ada namanya isolasi mandiri. Kalau dirujuk pun harus di dampingi petugas medis," tandasnya. 

 

Reporter : Naryo 
Editor: Sumarlin

Artikel Terkait
Baca Juga