RSUD Kota Kendari Naik Kelas Tipe B

Musdar, telisik indonesia
Rabu, 24 Agustus 2022
0 dilihat
RSUD Kota Kendari Naik Kelas Tipe B
RSUD Kota Kendari naik kelas dari tipe C ke tipe B. Foto: Musdar/Telisik

" Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Kendari naik kelas dari tipe C menjadi B "

KENDARI, TELISIK.ID - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Kendari naik kelas dari tipe C menjadi B.

Kenaikan kelas dikarenakan RSUD Kota Kendari memenuhi syarat sesuai Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) RI bahwa RS tipe B memiliki minimal 200 bed atau tempat tidur.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengungkapkan, sebagai konsekuensi perubahan tipe struktur di lingkungan RSUD juga ikut berubah.

RSUD kini memiliki dua wakil direktur, di antaranya wakil direktur umum dan keuangan. Untuk posisi direktur masih diisi oleh pejabat pelaksana yakni dr Sukirman.

Posisi direktur akan diisi melalui proses assesment, sebab sesuai ketentuan RS tipe B posisi direktur dijabat oleh eselon II.

Baca Juga: Resmi Dilantik, Ini Daftar Bupati dan Wakil Bupati yang Siap Menjabat

"Posisi direkturnya belum bisa kita lantik, karena ini statusnya eselon II yang kemudian harus melalui proses assessment," ucap Sulkarnain usai melantik sejumlah pejabat lingkup Kota Kendari, Rabu (24/8/2022).

Sulkarnain berharap, perubahan tipe diiringi dengan peningkatan kualitas pelayanan kesehatan, profesionalisme penanganan rumah sakit dan peningkatan fasilitas pelayanan yang memastikan masyarakat bisa terlayani dengan mudah.

"Kita berharap setelah peningkatan tipe ini kita tidak mendengar lagi suara-suara tentang sistem pelayanan yang mengecewakan, tidak maksimal, tidak mengedepankan humanisme," ungkapnya.

Pejabat pelaksana Direktur RSUD Kota Kendari, dr Sukirman mengungkapkan, niatan meningkatkan status RSUD ke tipe B berawal dari Permenkes bahwa RS yang mempunyai bad lebih dari 200 tempat tidur bisa naik tipe.

Baca Juga: Burhanuddin Pj Bupati Bombana, Mulai Berkantor 29 Agustus

"Sementara kita kan sudah beberapa terakhir ini tempat tidur kita lebih dari 200. Maka dari situlah kita berniat menaikan status tipe RS," ucap dr Sukirman.

Sukirman menambahkan selain syarat jumlah bed yang dipenuhi, juga SDM di RSUD Kota Kendari yang kini memiliki lebih dari 12 dokter spesialis dan subspesialis.

"Jadi itu syarat-syarat yang memungkinkan kita sudah naik tipe," pungkasnya. (B-Adv)

Penulis: Musdar

Editor: Kardin

Baca Juga