RTH Jadi Solusi Kurangi Tingkat Stres Masyarakat Kota

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 28 Januari 2021
0 dilihat
RTH Jadi Solusi Kurangi Tingkat Stres Masyarakat Kota
Tanaman di salah satu median jalan di Kota Kendari, nampak indah dan nyaman dipandang. Foto: Ist.

" Tingkat stres masyarakat kota cukup tinggi, sehingga dengan adanya RTH seperti median jalan yang indah dan dipenuhi pohon dan tanaman hias, maka itu bisa mengurangi stres yang dialami masyarakat "

KENDARI, TELISIK.ID – Tingkat stres masyarakat di daerah perkotaan cukup tinggi, sehingga kehadiran ruang terbuka hijau (RTH) dapat meminalisir dan menurunkan tingkat stres tersebut.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Tata Lingkungan DLHK Kendari, Adi Jaya Purnama. Menurutnya, salah satu manfaat dari terjaganya lingkungan adalah mengurangi tingkat stres masyarakat yang beraktivitas di daerah perkotaan.

Kata dia, tingkat stres masyarakat kota cukup tinggi, sehingga dengan adanya RTH seperti median jalan yang indah dan dipenuhi pohon dan tanaman hias, maka itu bisa mengurangi stres yang dialami masyarakat.

“Ketika kita ada masalah pekerjaan atau keluarga, lalu kita melewati jalan dan melihat median yang dipenuhi pohon, maka itu juga bisa mengurangi tingkat stres,” katanya kepada Telisik.id, belum lama ini.

Olehnya itu, ia mengajak kepada masyarakat untuk ikut aktif menjaga tanaman yang ada di RTH, baik yang ada di taman maupun median jalan.

“Mari kita bersama menjaga taman dan median jalan, ini untuk kota kita juga. Kalau kota kita indah dan banyak pengunjung, itu bisa menambah devisa dan perputaran ekonomi kita juga,” harapnya.

Selain itu, Adi Jaya Purnama juga mengatakan, setiap tahun RTH memang terus ditambah. Dimana, pada tahun 2017 luas RTH di Kota Kendari 130 hektare, sedangkan di tahun 2021 ini menjadi 170 hektare.

“Dalam waktu empat tahun, dari tahun 2017 sampai 2021 ini, RTH di Kota Kendari sudah bertambah sebanyak 40 hektare, yaitu dari 130 menjadi 170 hektare lebih. Jumlah ini akan bertambah, bahkan bisa sampai 180 hektare sampai tahun depan,” ujarnya.

Sementara itu, warga Kota Kendari, Arman mengaku merasa senang dan nyaman ketika melewati jalan yang di mediannya terdapat pohon dan tanaman hias.

Baca Juga: Hadapi Pandemi, Jokowi Ajak Seluruh Elemen Bangsa Berdoa dan Bergandeng Tangan

Baca Juga: Ini 3 Kriteria Menjadikan Suatu Wilayah Sebagai Desa Wisata

“Bagus dilihat, apalagi kalau warna warni tanamannya. Rasa merasa tenang juga kalau kita lewat jalan yang banyak tanamannya. Makanya, itu dipercaya dapat mengurangi tingkat stres kita,” ujarnya.

Senada dengan itu, warga Kota Kendari lainnya, Abu Fatih mengungkapkan, stres itu akan mengganggu produktivitas seseorang dalam menjalani aktivitasnya sehari-hari, sehingga dengan banyaknya tanaman dan pohon di median maupun taman yang ada di tengah kota maka itu sangat membantu untuk mengurangi stres.

“Iya, jelas itu bisa buat kita tenang. Sehingga orang yang tadinya mungkin stres, melihat pohon dan tanaman bunga banyak bisa sedikit mereda itu stresnya,” pungkasnya. (A-Adv)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga