Sampah Menggunung Sejak Lebaran, Warga Kendari Keluhkan Bau Busuk

Riksan Jaya, telisik indonesia
Minggu, 14 April 2024
0 dilihat
Sampah Menggunung Sejak Lebaran, Warga Kendari Keluhkan Bau Busuk
Tumpukan sampah di Kelurahan Wawombalata (kiri) dan warung Ibu Neltin di Kelurahan Aloloma, yang berhadapan langsung dengan sampah yang menumpuk. Foto: Riksan Jaya/Telisik

" Tumpukan sampah yang berada di bak penampungan sampah menebarkan bau busuk di sepanjang jalan Kelurahan Anggilowu hingga Kelurahan Wawombalata, Kecamatan Mandonga, Kota Kendari "

KENDARI, TELISIK.ID - Tumpukan sampah yang berada di bak penampungan sampah menebarkan bau busuk di sepanjang jalan Kelurahan Anggilowu hingga Kelurahan Wawombalata, Kecamatan Mandonga, Kota Kendari, Minggu (14/4/2024).

Bau busuk tersebut terjadi akibat sampah yang tak pernah diangkut sejak hari pertama Raya Idul Fitri 1445 Hijriah pada Rabu (10/4/2024) hingga hari ini.

Seorang warga Kelurahan Alolama Kecamatan Mandonga, Nelti mengatakan, sampah yang menggunung tersebut sudah ada sejak hari pertama lebaran, dan hingga saat ini belum diangkut.

Baca Juga: PT Catur Putraharmonis Buka loker Dua Posisi, Tanpa Pengalaman Kerja Silakan Daftar

“Akhirnya kita di sini yang harus cium baunya. Sudah menggunung mi kasian sejak pertama lebaran,” keluhnya, Minggu (14/4/2024).

Ia juga mengusulkan agar saat momen hari raya nasional ataupun keagamaan, petugas kebersihan bisa diberikan bonus sebagai pemicu agar tetap melakukan tugas di hari libur.

“Caranya supaya mereka tetap masuk, dikasih bonus yang tetap masuk. Biasa kita kalau hari Jumat, kita suka kasih nasi yang datang angkat sampah, saya kan penjual nasi, kita tauji ada gajinya mereka, tapi sebagai bentuk terimakasihnya kita,” ujarnya.

Baca Juga: Hari Ketiga Lebaran, Pelabuhan Wawonii-Kendari Sepi Penumpang

Sementara itu, Lurah Kelurahan Alolama, Suwardi mengungkapkan, berdasar pantauannya bahwa telah ada truck yang telah mengangkut sampah di beberapa lokasi bak sampah, namun dikarenakan debit sampah yang terlampau banyak, membuat pengangkutan tersebut tidak bisa diselesaikan dalam sehari.

“Sudah ada tadi saya liat yang mengangkut, tapi mereka sudah berhenti kayaknya, mungkin akan diangsur, tidak bisa diselesaikan sekaligus ini hari,” ungkapnya, Minggu (14/4/2024).

Menanggapi hal tersebut, Kepala Bidang Tata Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Kendari, Haris Sarihi mengaku, saat ini petugas kebersihan pengangkut sampah sudah mulai beroperasi kembali pasca libur lebaran.

“Sudah normal mi sekarang,” sebutnya, Minggu (14/4/2024). (A)

Penulis: Riksan Jaya

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga