Sarang Ketupat Laris Manis Jelang Hari Raya Idul Fitri

Reza Fahlefy, telisik indonesia
Kamis, 20 April 2023
0 dilihat
Sarang Ketupat Laris Manis Jelang Hari Raya Idul Fitri
Pedagang sarang ketupat kebanjiran pembeli menjelang hari raya Idul Fitri. Foto: Reza Fahlefy/Telisik

" Pedagang sarang atau pembungkus ketupat bermunculan di Pasar Simpang, Limun Medan menjelang hari raya Idul Fitri 1444 Hijriah "

MEDAN, TELISIK.ID - Pedagang sarang atau pembungkus ketupat bermunculan di Pasar Simpang, Limun Medan menjelang hari raya Idul Fitri 1444 Hijriah. Tradisi membuat lontong atau ketupat dengan bahan baku pulut, sangat digemari oleh kaum muslimin.

Meski berjualan di tempat yang seadanya dan wadah jualannya menggunakan sepeda motor, Herman, pedagang sarang ketupat, tampak bersemangat melayani setiap pembeli.

Ayah berusia 39 tahun ini memanfaatkan momen tertentu untuk mencari rezeki tambahan. Diantaranya hari Raya Idul Fitri, hari raya Idul Adha dan tahun baru.

Untuk hari raya Idul Fitri ini, Herman menyediakan 300 ikat sarang ketupat untuk dijual kepada calon pembelinya. Harganya hanya Rp 5 ribu seikat.

"Sarang ketupat bu, murah aja. Rp 5 ribu aja besar kecil isi satu ikat 10 sarang atau pembungkus ketupat," kata Herman memanggil calon pembelinya.

Baca Juga: Jelang Lebaran Toko Sandal Serba 65 Kendari Dipadai Pembeli

Di sela sela kesibukannya, warga Kabupaten Deli Serdang ini mengaku bahwa sarang ketupat itu dibuatnya sendiri dengan menggunakan janur kelapa yang dibelinya dari agen.

"Saya janurnya beli, lalu saya buat sendiri. Ada juga saya upahkan sama orang. Tapi janurnya saya tetap beli," ungkapnya kepada Telisik.id, Kamis (20/4/2023).

Diakuinya, berjualan sarang ketupat ini dilakukan ketika menjelang hari raya Idul Fitri sangat menguntungkan baginya. Sebab, hampir setiap umat Islam membuat lontong atau ketupat.

"Iya, Alhamdulillah. Banyak yang beli. Kalau hari ini saja, sudah habis hampir 200 ikat. Memang kalau menjelang hari raya Idul Fitri lebih banyak pembelinya," terangnya.

Terpisah, Purnama salah satu pembeli sarang ketupat mengaku membeli untuk kebutuhan hari raya Idul Fitri. Ketupat merupakan bagian yang tidak boleh dilupakan.

Baca Juga: Perputaran Ekonomi Lebaran 2023 Diprediksi Capai Rp 240 Triliun

"Setiap tahunnya selalu membuat ketupat, tanpa ada ketupat setiap hari raya, rasanya kurang lengkap. Apalagi, suami saya sangat suka makan ketupat," ungkapnya.

Untuk keluarga di hari raya ini, Purnama berencana membuat pulut ketupat sebanyak dua kilo.

"Satu kilo pulut kalau dimasak, bisa menghasilkan atau memerlukan tiga ikat sarang ketupat, jadi kalau dua kilo, makanya saya harus beli enam ikat sarang ketupat," terangnya. (B)

Penulis: Reza Fahlefy

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga