Sastrawan Butur Launching dan Bedah Buku Antologi 101 Puisi

Sumarlin, telisik indonesia
Sabtu, 01 Februari 2020
0 dilihat
Sastrawan Butur Launching dan Bedah Buku Antologi 101 Puisi
Sastrawan Butur Rizal Winata. Foto: Shun/Telisik

" Saya terinspirasi dari sastrawan nasional di antaranya WS Rendra, Hairil Anwar, Wiji Tukul dan dari sastrawan Sultra Widianto Ibrahim, Saifudin Gani, Iwan Konawe dan lainnya. "

BUTON UTARA, TELISIK.ID - Rizal Winata (28) Lahir di Poso, 9 Juli 1990, adalah pemuda yang sangat menginspirasi pemuda di daerah ini. Dia salah satu penyair dan sekaligus Ketua Komunitas Seni dan Sastra Buton Utara (Butur).

Pada tanggal 29 Januari lalu, Ia menyelenggarakan acara launching dan bedah buku Antologi 101 Puisi.

"Saya terinspirasi dari sastrawan nasional di antaranya WS Rendra, Hairil Anwar, Wiji Tukul dan dari sastrawan Sultra Widianto Ibrahim, Saifudin Gani, Iwan Konawe dan lainnya," ungkap Rizal.

Setelah berdiskusi bersama para sastrawan Sultra, mereka menyarankan agar Rizal menciptakan satu karya. Maka terciptalah buku yang isinya adalah kumpulan puisi karya Rizal ini.

Baca juga: Pria Pangkep Ini Raih Nilai Tertinggi Tes CASN di Butur

"Daripada puisi ciptaan saya itu diposting ke media sosial Facebook, mending dibikinkan satu karya dengan dibukukan. Puisi-puisi itu adalah karya saya sejak tahun 2011 hingga 2019, dan akhirnya jadilah sebuah buku dan terbit 12 September 2019," bebernya.

Launching yang digelar di salah satu hotel di Butur ini merupakan launching dan bedah buku kedua. Yang pertama dilakukan di Kendari beberapa waktu lalu.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh anggota DPRD Provinsi Sultra, Hj. Muniarty M Ridwan, para kepala sekolah, komunitas dan mahasiswa.

"Dan ini adalah buku saya yang pertama di Buton Utara. Saya sering mengadakan lomba seni, mengadakan kegiatan literasi membaca dan membentuk komunitas seni dan sastra, Forum MC, dan ini semua merupakan upaya saya untuk terus mengembangkan literasi di Buton Utara," tambah Rizal.

Buku ini telah dicetak sebanyak 400 eksemplar dengan bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Dinas Perpustakaan, untuk berkontribusi mengenalkan kepada seluruh kepala sekolah di Butur. Dan saat ini sementara proses pencetakan kedua sebanyak 400 eksemplar di Yogyakarta.

Sementara Muniarty M Ridwan yang sempat hadir dan membuka acara ini berjanji akan menindaklanjuti kegiatan tersebut baik secara pribadi maupun secara kelembagaan. 

"Ini adalah anak muda yang sangat berprestasi dan bersemangat, istlahnya maju terus jangan pantang mundur," ujarnya sambil berharap dengan adanya pemuda yang sangat menginspirasi dan beberapa komunitas di Butur, agar disuport oleh pemrintah daerah.

"Saya berharap kepada Pemda agar mendukung dan mensuport penuh anak-anak muda di Butur yang punya potensi untuk berkarya, dan saya secara pribadi sangat mengapresiasi dan bangga melihat pemuda pemudi yang aktif melakukan kegiatan positif," pungkasnya.

Reporter: M9
Editor: Rani

Baca Juga