Sebut Semua Daerah Pilkada Rawan, Kesbangpol Bakal Pantau Pendaftaran Cakada

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 02 September 2020
0 dilihat
Sebut Semua Daerah Pilkada Rawan, Kesbangpol Bakal Pantau Pendaftaran Cakada
Kepala Kesbangpol Sultra, Parinringi. Foto: Ist.

" Tim ini juga dibentuk untuk melakukan koordinasi kepada Kesbangpol daerah yang melakukan penyelenggara Pilkada nantinya. "

KENDARI, TELISIK.ID - Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sultra, Parinringi mengatakan, tujuh daerah di Sultra yang bakal menggelar Pilkada serentak masuk kategori daerah rawan.

Sehingga, kata dia, untuk memastikan Pilkada yang akan digelar di tujuh kabupaten berjalan kondusif, pihaknya saat ini telah membentuk tim gugus Pilkada.

Di mana, pihak bersama penyelenggara pemilu, baik KPU maupun Bawaslu akan melakukan pemantauan, evaluasi dan monitoring terkait kondisi dan situasi baik keamanan, ekonomi dan sebagainya menjelang Pilkada serentak pada 9 Desember mendatang.

"Tim ini juga dibentuk untuk melakukan koordinasi kepada Kesbangpol daerah yang melakukan penyelenggara Pilkada nantinya," katanya ke pada Telisik.id, belum lama ini.

Baca juga: Satu Dosen Positif COVID-19, FKIP UHO Ditutup 14 Hari

Saat ini, lanjut dia, sementara melakukan pemantauan tersebut daerah-daerah tersebut, bagaimana kondisi terkini terkait ekonomi maupun keamanan.

Jika ada yang ditemukan gejolak, maka pihaknya langsung melakukan rapat dengan mengumpulkan tokoh agama, tokoh masyarakat dan sebagainya menjaga agar wilayah tetap dalam kondusif.

"Ini sementara kita lakukan, tim akan melakukan pemantauan langsung pendaftaran pada tanggal 4 dan 6 September. Kita akan turun untuk melihat, melakukan pemantauan selama rangka pendaftaran Cakada," jelasnya.

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

Baca Juga