Sejumlah Buaya Muncul Dipermukaan Kali Ambon Resahkan Warga Kota Baubau

Elfinasari, telisik indonesia
Rabu, 22 November 2023
0 dilihat
Sejumlah Buaya Muncul Dipermukaan Kali Ambon Resahkan Warga Kota Baubau
BKSDA Kota Baubau memasang papan peringatan daerah rawan buaya di kali Ambon yang dapat membahayakan warga. Foto: Elfinasari/Telisik

" Kehadiran buaya di kali Ambon, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, mengundang kekhawatiran warga sekitar. Fenomena itu terekam dalam video amatir oleh masyarakat yang tersebar di media sosial, memperingatkan warga akan potensi bahaya di tepi sungai "

BAUBAU, TELISIK.ID - Kehadiran buaya di kali Ambon, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, mengundang kekhawatiran warga sekitar. Fenomena itu terekam dalam video amatir oleh masyarakat yang tersebar di media sosial, memperingatkan warga akan potensi bahaya di tepi sungai.

Dalam rekaman yang diterima Telisik.id, tampak buaya terlihat berada di dekat rimbunan tanaman merambat, diduga sebagai tempat mereka bersarang. Keresahan masyarakat meningkat seiring penampakan buaya-buaya ini yang sudah terjadi selama sebulan terakhir, bukan hanya satu ekor, melainkan tiga ekor buaya.

"Bapakku sering melihat buaya, sudah beberapa kali. Baru-baru ini buaya muncul lagi, padahal sebelumnya banyak yang mandi-mandi di sini, tapi semenjak ada buaya tidak ada lagi yang berani," tutur seorang warga setempat, Nayla, Rabu (22/11/2023).

Warga Kelurahan Wajo, Rusdi juga mengungkapkan ketidakpercayaannya awalnya, namun kenyataan adanya buaya membuatnya merasa khawatir, terutama karena buaya-buaya itu kerap muncul di waktu sore.

Baca Juga: Angka Pengangguran di Kota Baubau Capai 5,39 Persen, Pemkot Gandeng Pelajar Bidang Digital

Baca Juga: Medan yang Sulit, Kebakaran Rumah di Baubau Berhasil Dipadamkan

Kepala Resor Konservasi Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kota Baubau, Alisman menjelaskan, pihaknya telah memasang papan peringatan di tepi sungai untuk memberi tahu warga akan adanya potensi bahaya.

Alisman mengonfirmasi keberadaan tiga ekor buaya, salah satu di antaranya memiliki ukuran lebih dari 4 meter yang kerap berkeliling di sekitar sungai. BKSDA terus melakukan pemantauan aktivitas buaya-buaya itu dan bersiap menurunkan tim resource jika diperlukan untuk evakuasi.

Warga diminta untuk berhati-hati ketika beraktivitas di sekitar sungai, mengingat buaya dapat membahayakan manusia. Lokasi ini sebelumnya sering dijadikan tempat mandi oleh warga sekitar. Upaya pemantauan dan tindakan evakuasi akan terus dilakukan untuk memastikan keamanan warga di sekitar sungai kali Ambon. (A)

Penulis: Elfinasari

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga