Sejumlah SPBU di Kendari Terapkan Antrean 1 Jalur Pertalite

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Senin, 04 April 2022
0 dilihat
Sejumlah SPBU di Kendari Terapkan Antrean 1 Jalur  Pertalite
Salah satu SPBU di Kota Kendari, SPBU Ade, yang dipadati pengendara mobil di jalur pertalite. Nampak tak ada antrean di jalur pertamax. Foto: Nur Khumairah/Telisik

" Akibat pemberlakuan kebijakan tersebut, tidak sedikit warga yang harus mengantre berjam-jam demi mendapatkan BBM jenis pertalite "

KENDARI, TELISIK.ID - Semenjak pemberlakuan 1 jalur pertalite pada beberapa SPBU di Kota Kendari, mengakibatkan antrean mengular selama proses pengisian BBM berlangsung.

Pemberlakuan tersebut pada masing-masing jenis kendaraan, yaitu 1 jalur bagi pengendara motor dan 1 jalur bagi pengendara mobil, sejak 1 April 2022.

Dari hasil pantauan Telisik.id, beberapa Stasiun Pengisian Bahan Bakar (SPBU) yang ada di Kota Kendari menerapkan antrean 1 jalur pengisian BBM jenis pertalite.

Hal ini juga diungkapkan oleh seorang Pengawas Lapangan yang enggan disebutkan namanya pada salah satu SPBU.

"Sekarang itu bukan dibatasi stoknya, tapi tiap-tiap SPBU diberikan hanya 1 Pom pengisian saja khusus jenis pertalite," ungkapnya pada Telisik.id, Senin (4/3/2022).

Baca Juga: Sejumlah SPBU di Kendari Kehabisan Pertalite

Selain itu, saat Telisik.id menyambangi SPBU yang terletak di sekitar Bundaran Anduonohu, seorang pengawasnya enggan berkomentar lebih jauh.

"Kita sekarang dilarang komentar dari pihak Pertamina, kalau mau tanya mengenai pertalite ini, langsung saja ke kantornya," ujarnya.

Akibat pemberlakuan kebijakan tersebut, tidak sedikit warga yang harus mengantre berjam-jam demi mendapatkan BBM jenis pertalite. Bahkan tak sedikit yang tidak kebagian. Parahnya lagi, pengendara yang ingin membeli secara eceran juga tidak diperbolehkan.

Baca Juga: Pertamina Tutup 2 SPBU di Medan Gegara Jual Solar Subsidi ke Industri

Seorang pengendara mobil transportasi online, Sarman mengatakan, dia terpaksa membeli pertalite di pengecer.

"Terpaksa beli pertalite di pengecer, karena kita sudah terima orderan. Belum antreannya yang panjang, takut di-cancel," keluhnya.

Pantauan Telisik.id beberapa SPBU yang telah menerapkan antrean satu jalur untuk pengisian BBM jenis pertalite antara lain SPBU Tapak Kuda, SPBU Bundaran Tank, SPBU Ade, SPBU di Jalan Pierre Tendean dan SPBU depan Mako Brimob Sultra. (A)

Reporter: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga