Sekarang HP Kamu Sudah Bisa Jadi Proyektor Loh, Begini Caranya

Nurdian Pratiwi, telisik indonesia
Selasa, 01 Maret 2022
0 dilihat
Sekarang HP Kamu Sudah Bisa Jadi Proyektor Loh, Begini Caranya
Handphone ternyata sudah bisa jadi proyektor. Foto Repro bp-guide.id

" Salah satunya smartphone sering digunakan untuk memperoleh hiburan, seperti menonton film, game ataupun video "

JAKARTA, TELISIK.ID - Dengan adanya kemajuan teknologi saat ini, peralatan digital pun turut berkembang dan canggih. Seiring berjalannya waktu, keberadaan smartphone menjadi cara yang cukup efisien untuk melakukan berbagai aktivitas.

Salah satunya smartphone sering digunakan untuk memperoleh hiburan, seperti menonton film, game ataupun video.

Tetapi dengan layar yang cukup kecil terkadang handphone atau smartphone yang kita gunakan sering kali membuat kita kurang puas untuk menikmati atau memperoleh pengalaman yang lebih baik.

Mengutip dari kompas.com, Kamu bisa memanfaatkan HP atau smartphone yang dimiliki sebagai "proyektor" buatan sendiri. Caranya cukup mudah dan membutuhkan alat serta bahan yang mudah ditemukan.

Alat dan bahan

Kotak sepatu, Lensa kaca pembesar, Styrofoam, Double tape, Pemotong (Cutter), HP, Lem Penggaris dan Jangkar pensil.

Langkah pertama:

Potong bagian pegangan kaca pembesar Anda terlebih dahulu dan sisakan hanya lensa saja. Lensa inilah yang berfungsi sebagai pemantul layar HP Anda ke dinding sehingga menghasilkan layar yang lebih lebar.

Langkah kedua:

Lem beberapa bagian ujung kotak sepatu dengan rekat. Bagian ini yang nantinya akan menjadi tempat lensa proyektor HP Anda.

Langkah ketiga:

Lubangi sisi ujung kotak sepatu tadi yang sudah dilem sesuai ukuran lensa. Agar lebih rapi, gunakan jangkar pensil untuk memotongnya. Selanjutnya tempelkan lensa tadi ke kotak sepatu yang telah dilubangi sesuai ukuran lensa.

Langkah keempat:

Buatlah tempat sandaran untuk HP yang digunakan untuk proyektor. Gunakan styrofoam untuk membuat papan penyangga HP. Potong dengan lebar dan panjang menyesuikan kotak sepatu yang telah memiliki lensa sebelumnya.

Langkah kelima:

Jika stand HP sudah terbuat, saatnya menempelkan HP ke penyandarnya menggunakan double tapeĀ atau perekat lain.

Kemudian, masukkan HP yang sudah terpasang di penyangganya ke dalam kota sepatu, atur jarak layar proyektor yang diinginkan dengan maju atau memundurkan stand HP.

Baca Juga: Ingin Download Video YouTube Jadi MP3? Bisa dengan Aplikasi Y2Mate

Selesai, kini Anda memiliki proyektor HP untuk menampilkan gambar, video, atau konten visual lainnya ke dinding atau langit-langit rumah.

Selain cara diatas kamu juga bisa menggunakan cara yang lebih mudah, yakni dengan menggunakan aplikasi seperti dibawah ini.

1. Panasonic Wireless Projector

Dikutip dari jalantikus.com, Tak kalah dengan proyektor merek lainnya, Panasonic juga meluncurkan sebuah aplikasi bernama Panasonic Wireless Projector yang dapat menampilkan proyeksi berbagai format dokumen seperti PDF, JPEG, dan PNG dan tangkapan layar.

Selain menampilkan, aplikasi ini juga dapat memutar gambar, menjentik atau mengubah ukuran halaman, serta dapat melakukan proyeksi nirkabel dari beberapa perangkat sekaligus dengan fitur multi-live.

2. ASUS Wi-Fi Projection

Apabila kamu menggunakan proyektor nirkabel merek ASUS, kamu nggak perlu memiliki laptop ASUS untuk dapat menonton film lewat proyektor. Semua proyektor ASUS wireless-ready dilengkapi dengan adaptor Wi-Fi kecil untuk koneksi nirkabel langsung ke berbagai perangkat, termasuk Android.

3. MultiPresenter

MultiPresenter merupakan aplikasi proyektor HP ke tembok berikutnya yang memungkinkanmu untuk menayangkan foto maupun dokumen melalui LAN kabel atau nirkabel di Android.

Baca Juga: Nomor Kontak di WhatsApp Hilang? Begini 5 Cara Pulihkan

Selain menampilkan file presentasi dan film, aplikasi MultiPresenter juga memiliki fitur penanda dan penunjuk sehingga kamu dapat menunjukkan bagian tertentu dalam slide presentasi hanya dengan berbekal ponsel.

4. Christie Virtual Remote

APK proyektor HP ke dinding ini bernama Christie Virtual Remote dan dirancang khusus untuk mengontrol proyektor dengan merek yang sama.

Christie Virtual Remote mempunyai fitur dan fungsi yang cukup komplit, dari remote control standar hingga memproyeksikan perangkat, gambar, serta dokumen melalui HP.

5. Epson iProjection

Selain menghasilkan deretan printer terbaik, Epson juga memproduksi proyektor sekaligus mengembangkan aplikasi yang dapat menghubungkan HP ke proyektor untuk menampilkan gambar.

Aplikasi ini dapat menghubungkan hingga 50 perangkat serta memiliki fitur moderator untuk mengelola dan menampilkan konten. (C)

Reporter: Nurdian Pratiwi

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga