Sempat Melambat, Kini Jaringan Provider Telkomsel Mulai Normal

Andi May, telisik indonesia
Senin, 20 September 2021
0 dilihat
Sempat Melambat, Kini Jaringan Provider Telkomsel Mulai Normal
Pengguna provider Telkomsel keluhkan jaringan yang lambat. Foto: Andi May/Telisik

" Salah satu pengguna Provider Telkomsel, Kapsul mengeluhkan jaringan yang lambat sejak malam kemarin. "

KENDARI, TELISIK.ID - Sempat dikeluhkan masyarakat pengguna kartu provider Telkomsel akibat lambatnya jaringan, kini mulai lancar kembali.

Lambatnya jaringan karena terjadinya gangguan pada sistem komunikasi kabel laut JaSuKa (Jawa, Sumatera dan Kalimantan) ruas Batam - Pontianak sekitar pukul 18.33 Wita Minggu kemarin (19/9/2021).

Salah satu pengguna Provider Telkomsel, Kapsul mengeluhkan jaringan yang lambat sejak malam kemarin.

"Mengirim pesan WhatsApp saja membutuhkan setengah jam lamanya agar bisa terkirim, apalagi untuk membuka internet hampir tidak bisa," keluh Kapsul.

Meskipun demikian, layanan mulai kembali normal sejak tengah malam hingga pagi ini. Hal itu dibenarkan oleh Vice President Corporate Communication Telkom, Pujo Pramono, Senin (20/9/2021).

“Sejak terjadinya gangguan kemarin malam, kami segera melakukan rerouting trafik sebagai alternatif jalur komunikasi menuju Batam termasuk penambahan kapasitas beberapa link di wilayah Indonesia seperti dari Papua, Kalimantan maupun Jawa dan mengoptimalkan gerbang internasional di Manado," ujar Pujo.

Baca Juga: Tingkatkan Disiplin Prokes dan Berlalu Lintas, Polda Sultra Gelar Ops Anoa 2021

Baca Juga: Berlubang Sampai 40 Cm, Warga dan Pengendara Keluhkan Kondisi Jalan Katamso

Ia juga menjelaskan bahwa gangguan teridentifikasi berasal dari titik sekitar 1,5 km lepas pantai Batam pada kedalaman 20 meter bawah permukaan laut.

"Dengan diketahuinya titik gangguan, kami segera mempersiapkan upaya perbaikan agar secepatnya infrastruktur tersebut dapat segera berfungsi normal," ujar Pujo.

Telkom berkomitmen untuk memberikan akses konektivitas terbaik di seluruh Indonesia, guna memberikan pengalaman digital terbaik bagi seluruh pelanggan. (B)

Reporter: Andi May

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga