Bacalon Gubernur Sultra Hugua Sebut Partai Besar Belum Keluarkan Rekomendasi jadi Peluang

Erni Yanti, telisik indonesia
Rabu, 26 Juni 2024
0 dilihat
Bacalon Gubernur Sultra Hugua Sebut Partai Besar Belum Keluarkan Rekomendasi jadi Peluang
Bakal Calon Gubernur Sulawesi Tenggara Hugua sebut partai besar yang belum mengeluarkan rekomendasi menjadi peluang para calon. Foto: Erni Yanti/Telisik

" Sejumlah nama bakal calon (bacalon) Gubernur Sulawesi Tenggara mencuat jelang Pilkada 2024, namun beberapa nama itu belum mendapatkan surat rekomendasi atau pintu partai "

KENDARI, TELISIK.ID - Sejumlah nama bakal calon (bacalon) Gubernur Sulawesi Tenggara mencuat jelang Pilkada 2024, namun beberapa nama itu belum mendapatkan surat rekomendasi atau pintu partai.

Para bacalon tengah menunggu keputusan partai yang belum mengeluarkan rekomendasi. Adapun sejumlah nama partai besar yang tengah dinanti para calon yakni, Golkar, Gerindra dan PDI Perjuangan.

Salah satu Bacalon Gubernur Sulawesi Tenggara, Hugua menyebutkan, partai yang belum mengeluarkan rekomendasi menjadi penentu dan peluang menuju Pilkada 2024.

"Masih ada tiga partai besar yang belum mengambil sikap yakni PDI perjuangan, partai Golkar dan Gerindra ini penentu," ungkap Hugua saat diwawancarai Telisik.id, Rabu (26/6/2024).

Baca Juga: Mahasiswa FEB Unsoed Bantu Tingkatkan Kualitas Laporan Keuangan UMKM di Kendari

Ia mengungkapkan, baik dirinya maupun kandidat lainnya tengah membangun komunikasi ke partai-partai untuk mencari pintu partai dan pasangan calon.

"Para calon sudah terang-terangan, sekarang lagi mencari jodoh, tapi jodoh tidak bisa ditemukan kalau tidak ada pintu partai," ungkapnya.

Hugua yang merupakan kader PDI Perjuangan, optimis pada keputusan partai tempat ia bernaung terkait rekomendasi. Ia mengungkapkan kesiapanya baik menjadi 01 maupun 02 di Pilkada 2024.

Hugua menuju Pilkada 2024, mempersiapkan dua rencana, jika pintu partai itu berhasil diperoleh maka akan maju sebagai 01, namun jika tidak maka siap maju untuk 02.

"Insan politik itu mesti siap, keputusan PDI Perjuangan pasti ada. Berpasangan dengan siapa saya tidak tahu. Rencana satu calon gubernur, rencana dua calon wakil gubernur," ungkap Hugua.

Baca Juga: Nikah di KUA Bisa Habis Budget Segini, Simak Cara Daftar dan Persyaratannya

Sebelumnya, Direktur Lembaga Survei The Haluoleo Institute, Naslim Sarlito menyampaikan kajiannya jelang Pilkada 2024. Nama Hugua menguat sebagai bacalon Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara.

"Ada Hugua, Amirul Tamin, Ridwan Bae, La Ode Ida, gelagatnya tokoh kita di kepulauan ini, level saat ini baru pada 02 tapi dalam konteks pertarungan ini tidak bisa dilupakan peran suara di kepulauan," kata Naslim.

Meski beberapa nama itu masih pada level 02, namun ia menilai berdasarkan skema politik Sulawesi Tenggara akan menjadi kunci basis suara.

"Saat ini secara umum kita melihat siapa yang punya pasangan, para calon baru menggembar-gemborkan untuk menyatakan diri maju Pilkada, namun belum ada yang punya pasangan. Tentu kita akan menunggu dan melihat yang pertama ukurannya siapa yang mendapatkan rekomendasi partai dan siapa yang mendapatkan pilihan pasangan paling tepat," katanya. (B)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga